TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Polisi Sterilisasi Akses Kendaraan ke Area Longsor Ponorogo

Kendaraan dan tim SAR yang diperbolehkan keluar masuk lokasi.
Polisi Sterilisasi Akses Kendaraan ke Area Longsor Ponorogo
Evakuasi Korban Longsor Ponorogo (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

VIVA.co.id – Polisi memberlakukan sterilisasi akses menuju lokasi bencana longsor di Desa Banaran, Pulung, Ponorogo, Jawa Timur. Upaya ini dilakukan, karena masyarakat dari luar Banaran, banyak yang datang ke lokasi bencana, sehingga menghambat proses evakuasi dan pendistribusian sembako.

Kapolres Ponorogo, AKBP Suryo Sudarmadi mengatakan, sterilisasi jalan ini dilakukan Polres Ponorogo, dengan dibantu Dishub dan DLLAJ setempat. Kedatangan masyarakat dari luar Banaran, hanya melihat dan mengambil gambar daerah bencana longsor dari dekat.

"Keberadaan mereka ini, justru mengganggu proses evakuasi dan pendistribusian sembako, serta logistik ke para korban di pos pengungsian," kata Suryo di Ponorogo, Jawa Timur, Selasa 4 April 2017.

Dijelaskan dia, pihak terkait, mengatur arus masuk kendaraan ke lokasi bencana tanah longsor dengan sistem buka tutup.

"Untuk antisipasi itu, Kepolisian telah berkoordinasi dengan petugas lain dan tim komunitas Radio Amatir Indonesia, agar dapat mengatur arus keluar masuk kendaraan ke lokasi bencana," ujar Suryo.

Suryo mengungkapkan, jalur ke luar masuk lokasi longsor juga sempit dan rawan ambles. Karena itu, pihaknya hanya mengizinkan lalu lalang kendaraan tim SAR dan petugas medis di sekitar lokasi bencana.

"Jadi, hanya mobil-mobil itu yang diperbolehkan keluar masuk ke lokasi bencana tanah longsor. Karena, jalurnya sempit dan rawan ambles jika kelebihan tonase," kata dia. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP