Polisi Sterilisasi Akses Kendaraan ke Area Longsor Ponorogo

Evakuasi Korban Longsor Ponorogo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id – Polisi memberlakukan sterilisasi akses menuju lokasi bencana longsor di Desa Banaran, Pulung, Ponorogo, Jawa Timur. Upaya ini dilakukan, karena masyarakat dari luar Banaran, banyak yang datang ke lokasi bencana, sehingga menghambat proses evakuasi dan pendistribusian sembako.

Viral Detik-detik Pria Selamat dari Timbunan Tanah Longsor, Telat Sedikit Nyawa Tak Tertolong

Kapolres Ponorogo, AKBP Suryo Sudarmadi mengatakan, sterilisasi jalan ini dilakukan Polres Ponorogo, dengan dibantu Dishub dan DLLAJ setempat. Kedatangan masyarakat dari luar Banaran, hanya melihat dan mengambil gambar daerah bencana longsor dari dekat.

"Keberadaan mereka ini, justru mengganggu proses evakuasi dan pendistribusian sembako, serta logistik ke para korban di pos pengungsian," kata Suryo di Ponorogo, Jawa Timur, Selasa 4 April 2017.

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Dijelaskan dia, pihak terkait, mengatur arus masuk kendaraan ke lokasi bencana tanah longsor dengan sistem buka tutup.

"Untuk antisipasi itu, Kepolisian telah berkoordinasi dengan petugas lain dan tim komunitas Radio Amatir Indonesia, agar dapat mengatur arus keluar masuk kendaraan ke lokasi bencana," ujar Suryo.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Suryo mengungkapkan, jalur ke luar masuk lokasi longsor juga sempit dan rawan ambles. Karena itu, pihaknya hanya mengizinkan lalu lalang kendaraan tim SAR dan petugas medis di sekitar lokasi bencana.

"Jadi, hanya mobil-mobil itu yang diperbolehkan keluar masuk ke lokasi bencana tanah longsor. Karena, jalurnya sempit dan rawan ambles jika kelebihan tonase," kata dia. (asp)

Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Alfian Nurrizal

Warga yang Mudik ke Yogyakarta, Hindari Jalur Rawan Kecelakaan dan Bencana Ini

Selama libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024, sebanyak 11,7 juta orang yang mudik diperkirakan akan masuk ke wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Berdasarkan data

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024