Belanda Tegaskan Papua Bagian dari NKRI

Duta Besar Dubes Belanda untuk Indonesia Rob Swartbol
Sumber :
  • Kemenko Kemaritiman

VIVA.co.id – Pemerintah Belanda mendukung Papua sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tak terpisahkan. Hal itu ditandaskan Duta Besar Belanda untuk Indonesia Rob Swartbol saat mengunjungi Markas Polda Papua di Jalan Samratulangi, Jayapura, Senin 3 April.

Viral, Saya Kristen Tinggal Dekat Masjid Selama 25 Tahun

"Papua adalah bagian dari kedaulatan Indonesia yang tak terpisahkan, dan pemerintah Belanda mengakui serta menghargainya,"ujar Dubes Belanda.

Untuk itu, lanjut sang dubes, pemerintah Belanda sangat mendukung proses pembangunan yang kini terus bergulir di Papua. "Kami sangat dukung Indonesia terus membangun Papua, untuk lebih maju," ucapnya.

Kodam Kasuari: Hoaks Prada Aninam Tewas Tertembak TPNPB

Belanda juga mengapresiasi penerapan otonomi khusus Papua guna mengejar ketertinggalan di berbagai aspek. "Saya memang baru 2 tahun menjabat dubes, tapi ekspektasi atau harapan untuk kemajuan Papua terus bergulir dengan otsus," tandasnya.

Diharapkan perekonomian di kawasan timur Indonesia terus meningkat dengan diberlakukannya otsus. "Kami berharap pertumbuhan ekonomi di timur Indonesia akan terus semakin baik," tukasnya.

3 Warga Pakai Seragam Polri Joget di TikTok, Begini Endingnya

Pemerintah Belanda juga tetap memperhatikan perkembangan HAM di Papua selain bekerja sama membangun sejumlah proyek. "Kami juga bekerja sama membangun sanitasi, holtikultura serta HAM," katanya.

Sementara itu Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, pemerintah Belanda sangat mengapresiasi kinerja Polri dalam menjaga situasi Kamtibmas selama pelaksanaan Pilkada serentak di Papua. "Belanda sangat respek dengan Polisi Papua, yang mampu memberikan jaminan keamanan dalam Pilkada, padahal wilayah Papua sangat luas," kata Kapolda.

VIVA Militer: Letjen TNI INC

Jenderal Bintang Tiga TNI Berdarah Kopassus Kembali Masuk Papua

Apa yang beliau lakukan di sana?.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022