Susah Akses Soal UNBK, Banyak Siswa Panik

Persiapan Sekolah dan Siswa Jelang UNBK
Sumber :
  • ANTARA FOTO/David Muharmansyah

VIVA.co.id – Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kediri diwarnai kendala susahnya log in atau mengakses laman soal ujian ujian nasional. Akhirnya komputer dan sistem data pun harus direstart beberapa kali.

Kemendikbud: Ujian Nasional SMK Berjalan Lancar

Salah seorang siswa SMK Negeri 2 Kediri, Nikmatus Solikhah mengaku panik lantaran ia kesusahan mengakses laman soal ujian. Ia khawatir kehabisan waktu untuk menjawab soal-soal yang harus dijawab secara online atau daring itu.

"Akhirnya bisa masuk atau log in, usai berulang kali melakukan restart komputer," kata Nikmatus di Kediri, Jawa Timur, Senin 3 April 2017.

Siswa Terdampak Banjir Dapat Dispensasi Waktu Penyelenggaraan UN

Meski demikian, Kepala UPT Dinas Pendidikan Provinsi Jatim cabang Kediri, Trisusilo Budi mengatakan secara umum UNBK hari pertama berjalan lancar dengan adanya dukungan jaringan internet dan suplai listrik yang baik.

"Cuma memang ada ratusan siswa dari 33 sekolah di kota dan kabupaten Kediri yang terpaksa ikut ujian dengan gabung sekolah lain karena sekolahnya tak memiliki sarana prasarana komputer dan jaringan internet," kata dia lagi.

Hebat, Siswa SMAN 6 Solo Ini Dapat Skor 100 di Semua Pelajaran UNBK

Diketahui UNBK di Kediri diikuti sebanyak 9.859 siswa baik dari SMK negeri maupun swasta. Total jumlah ada 70 SMK yang menggelar UNBK. UN untuk jenjang SMK dimulai pada hari ini dan akan berakhir pada Kamis, 6 April 2017.

Sedangkan UN SMA akan dimulai pada 10 hingga 13 April 2017. Mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan satu mata pelajaran pilihan.

Laporan: Yusuf Saputro/tvOne Kediri

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya