Hakim Tanya Pemilik Proyek E-KTP ke Nazaruddin

Muhammad Nazaruddin
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id - Majelis Hakim kembali mengonfirmasi soal kepemilikan proyek e-KTP. Kali ini, mereka bertanya kepada mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin.

Yasonna Dorong Forum Pengembalian Aset Korupsi Century dan e-KTP di Forum AALCO

“Ada saksi sebelumnya mengatakan bahwa proyek e-KTP ini milik Partai Golkar dan Demokrat. Apa saudara juga tahu mengenai itu?” tanya Ketua Majelis Hakim, John Halasan Butar Butar di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 3 April 2017.

Sebelumnya, saksi Miryam S Haryani mengatakan bahwa proyek senilai Rp5,9 triliun tersebut adalah milik Partai Golkar dan Partai Demokrat. Namun, keterangan dalam BAP itu sudah dicabut oleh Miryam pada persidangan pekan lalu.

Nazaruddin yang duduk sebagai saksi untuk terdakwa mantan dua pejabat Kemendagri, Irman dan Sugiharto pun mengaku tidak tahu jelas mengenai kepemilikan itu. Alasannya, semua pihak terkait di DPR mendapat bagian dari proyek tersebut.  

"Intinya semua (fraksi) dapat. Kalau di DPR lebih kepada pembahasan kepentingan bagi-bagi kuenya," kata Nazar.

Setya Novanto Dapat Remisi Idul Fitri, Masa Tahanan Dipotong Sebulan

Namun, Nazaruddin mengaku kader partainya ketika itu mendapat porsi besar, seperti Partai Golkar. Hal itu sebagaimana kesepakatan yang dibuat oleh Andi Agustinus alias Andi Narogong, pengusaha pengatur tender e-KTP yang juga disebut-sebut sebagai orang dekat Setya Novanto, Ketua Umum Partai Golkar.

Karena itu, diungkapkan Nazaruddin, untuk proyek e-KTP ini juga didukung Anas Urbaningrum yang kala itu masih menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat. 

"Setelah bertemu dengan pengusaha Andi Narogong, Anas memanggil Mirwan Amir yang merupakan Wakil Ketua Banggar. Anas memerintahkan supaya program e-KTP ini didukung pembahasannya. Setelah disepakati, nanti dikomunikasikan ke semua pimpinan Banggar," kata Nazaruddin. (ase)

Agus Rahardjo

Bambang Pacul Sebut Pernyataan Agus Rahardjo soal Intervensi Jokowi Kedaluarsa: Motifnya Apa Coba?

Politikus PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul mempertanyakan motif mantan Ketua KPK Agus Rahardjo yang menyebut Jokowi intervensi kasus e-KTP

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2023