TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Evakuasi Korban Longsor Ponorogo Dilanjutkan Pagi Ini

Masih 26 korban yang belum ditemukan
Evakuasi Korban Longsor Ponorogo Dilanjutkan Pagi Ini
Pencarian Korban Bencana Longsor di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.  (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

VIVA.co.id – Proses evakuasi korban tanah longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, kembali dilanjutkan, Senin, 3 April 2017. Tim gabungan bersiap melakukan pencarian terhadap 26 jenazah yang masih belum ditemukan.

Pada evakuasi pagi ini, tim akan mengerahkan penambahan alat berat dan bantuan anjing pelacak untuk membantu pencarian 26 jenazah korban. Penambahan ini dilakukan mengingat medan yang akan dihadapi sangat berat.

Sementara itu, untuk bantuan kepada korban tanah longsor di Ponorogo terus berdatangan. Beberapa bantuan kebutuhan bahan pokok dan pakaian layak pakai sudah didistribusikan melalui polres-polres yang ada di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebelumnya melaporkan sekitar 35 kepala keluarga atau sebanyak 128 jiwa terdampak longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

100 jiwa dinyatakan selamat dan 28 jiwa dilaporkan masih tertimbun longsor (dua sudah ditemukan). Sebanyak 17 orang luka-luka dan sudah dirawat di Puskesmas Pulung.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, penyebab longsor adalah murni karena faktor alam. Ia menyebut hujan dengan intensitas tinggi pada tiga hari terakhir membuat retakan terisi air.

Akibatnya material di dalam retakan melunak dan memaksa tanah amblas. Selain itu, faktor yang mendukung longsor adalah curamnya lereng mencapai 35 persen dan tinggi tebing mencapai 100 meter.
 

Laporan: Aris Sutikno/Ponorogo

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP