Penghormatan Adat Minang, Tito Karnavian Diberi Gelar Rajo

Kapolri Jenderal Tito Karnavian beserta Istri Tri Suswati saat diberi gelar Sangsako Adat dari suku Sikumbang Kamang Mudik, Kabupaten Agam Sumatera Barat, Minggu (2/4/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andi Mardiansyah

VIVA.co.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian beserta istri Tri Suswati menerima anugerah gelar Rajo Paga Alam oleh masyarakat Adat Sangsako dari Suku Sikumbang Kamang Mudiak Kabupaten Agam Sumatera Barat, Minggu, 2 April 2017.

Pemkab Pasaman Barat Tetapkan Tanggap Darurat Gempa 14 Hari

Pemberian gelar ini sebelumnya sudah melalui kajian secara mendalam dan diputuskan melalui rapat yang dilakukan oleh suku Sikumbang Kamang Mudiak Agam.

Gelar ini juga diberikan sebagai apresiasi atas kinerja Tito dalam bertindak sebagai aparat keamanan negara, seperti halnya dalam aksi unjuk rasa 212 di Jakarta beberapa waktu lalu.

Tujuh Warga Meninggal Akibat Gempa M 6,1 di Sumatera Barat

Gelar itu juga diberikan sebagai bentuk terima kasih masyarakat Sumatera Barat – khususnya suku Sikumbang Kamang Mudik Kabupaten Agam – atas peningkatan status Polda Sumatera Barat menjadi Tipe A.

Adapun makna dari gelar yang diberikan kepada Kapolri beserta Istri yakni, Sutan, yang berarti orang baik, Rajo berarti Raja, Paga berarti Pagar atau benteng dan Alam yang dimaknai dengan alam Indonesia. Sementara gelar Tri Suswati adalah Puti yang bermakna Perempuan baik-baik dan Linduang berarti melindungi dan Alam yang berarti Alam Indonesia.

Perintah Kapolri ke Jajaran soal Gempa Pasaman Barat Sumbar

"Tokoh adat dan Ninik Mamak berharap, dengan dianugerahkannya gelar tersebut, Kapolri dapat menjaga adat Minangkabau serta anak kemenakan Suku Sikumbang," kata perwakilan Ninik Mamak kaum suku Sikumbang Kamang Mudik, Boy Lestari Datuk Palindih. (ren)

Resmi Enzy Storia Menikah dengan Maulana Kasetra

Makna Mahar Rp2 Ribu di Pernikahan Enzy Storia-Molen Kasetra, Sweet Banget!

Pasangan Enzy Storia dan Maulana Molen Kasetra resmi menikah pada Sabtu, 20 Mei 2023. Kental dengan adat Minang, Mahar yang diberikan Molen senilai Rp2.023. Apa maknanya?

img_title
VIVA.co.id
20 Mei 2023