Ditanya soal Pemimpin Non Muslim, ini Jawaban Zakir Naik

Zakir Naik saat beri ceramah di Bandung 2 April 2017
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi

VIVA.co.id – Ulama kondang asal India, Dr Zakir Naik, saat berbicara di Kota Bandung hari ini, turut mengomentari pilihan pemimpin yang ideal untuk umat muslim. Hal itu dikatakan Zakir saat menjawab pertanyaan peserta safari dakwah bernama Ira Sofia. Pertanyaan dilontarkan seputar surat Al Maidah yang membahas soal kewajiban muslim memilih pemimpin.

Ustaz Felix Siauw: Ustaz Adi Hidayat Merepotkan, Larangan dalam Ritual Malam Satu Suro

Kata Zakir, hak memilih pemimpin dari non muslim hanya menjadi solusi alternatif jika tidak ada pilihan lain. Kata Zakir, pada Surat Al Maidah, tertera jelas umat muslim wajib tak boleh memilih pemimpin dari non muslim karena Islam tidak mengajarkan umatnya untuk meminta perlindungan kepada non muslim.

"Jangan jadikan non muslim sebagai pemimpin, kalau ada pilihan lain. Kalau menjadikan non muslim sebagai pemimpin, maka kita tak akan dapat pertolongan Allah," kata Zakir di aula Gymnasium Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Jawa Barat, Minggu 2 April 2017.

Dr Zakir Naik Ungkap Bagaimana Seorang Pria Bisa Jadi Homoseksual

Ditegaskan, hal tersebut wajib dijalankan pemeluk Islam, karena alquran jelas merupakan petunjuk bagi orang-orang yang yakin. "Saya katakan sekali lagi, muslim tak boleh memilih non muslim, walaupun mungkin pemimpin itu melakukan pembangunan," terangnya.

Zakir menilai, meski pemimpin non muslim memberikan kontribusi positif seperti pembangunan dengan membangun fasilitas ibadah, menekan angka kemiskinan, meningkatkan infrastruktur, tetap tidak menjalankan ibadah salat.

Bantah Ditangkap, Zakir Naik Unggah Video Mualafkan 6 Wanita di Oman

"Dia membuat masjid, tapi apa artinya kalau pemimpin itu tidak salat? Allah mengatakan dalam alquran, kesuksesan bukan membangun gedung dan jalan, tapi sukses yang sebenarnya adalah iman. Ya, Iman percaya pada Allah."

Jika anjuran tersebut tidak diindahkan dengan mengikuti orang non muslim yang tak sepaham dengan umat muslim, orang itu dikatakan Zakir telah melakukan kesalahan. (ren)

Ustaz Khalid Basalamah dan Dr Zakir Naik

Bakal ke Indonesia Lagi, Ini Momen Ustaz Khalid Basalamah Bertemu Dr Zakir Naik di Mekkah

Pendakwah ternama asal Indonesia, Ustaz Khalid Basalamah membagikan momen saat bertemu dengan salah satu tokoh Muslim dunia yaitu Dr Zakir Naik di Mekkah.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024