Longsor Terjang Warga Ponorgo saat Kembali ke Rumah

Pencarian korban bencana longsor Ponorogo, Sabtu (1/4/2017)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, mengungkapkan retakan longsor yang terjadi di lereng bukit di Dusun Tangkil, Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, sudah ada sejak 11 Maret 2017.

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

"Diketahui sudah ada retakan sepanjang 30 sentimeter setelah hujan lebat di sana. Retakan berangsur-angsur meningkat menjadi sembilan meter pada 17 Maret 2017. Kemudian retakan melebar lagi menjadi 15 meter pada 26 Maret 2017 dan 20 meter pada 31 Maret 2017," ungkapnya di Kantor BNPB, Jakarta, Minggu 2 April 2017.

Sutopo menjelaskan kronologi peristiwa itu. Pada Jumat malam, 31 Maret 2017, terjadi hujan cukup lebat, namun tidak ada tanda-tanda longsor. Meski demikian, masyarakat sudah mulai melakukan pengungsian. Pada Sabtu, 1 April 2017 pukul 07:40 WIB, masyarakat kembali ke rumah dan melakukan aktivitas seperti biasa, di antaranya memanen jahe di ladang. Saat itulah tiba-tiba longsor datang.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

"Karena komoditi utama mereka adalah jahe. Ladang jahe mereka berada di bawah mahkota (lokasi longsor), warga yang sedang memanen tidak sempat melarikan diri. Mereka kalah cepat, sehingga tertimbun," ucapnya.

Sementara itu, Sutopo mengatakan, Pemerintah Kabupaten Ponorogo dan pemerintah desa telah memfasilitasi tempat pengungsian bagi masyarakat Dusun Tangkil pada malam hari, sebelum longsor terjadi. Meski demikian, mereka tetap kembali ke rumah masing-masing esok harinya.

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

"Setiap terjadi hujan, Pemkab sudah mengimbau masyarakat agar mencari tempat yang lebih aman. Mereka diminta untuk mengungsi, tapi berkali-kali mereka kembali ke rumah dan bertani. Saat longsor terjadi, ada bunyi gemuruh kencang dan mahkota ini keluar asap. Longsor menyapu 32 rumah di bawahnya," lanjut Sutopo. (ren)

Ilustrasi longsor

Viral Detik-detik Pria Selamat dari Timbunan Tanah Longsor, Telat Sedikit Nyawa Tak Tertolong

Tanah longsor yang terjadi tersebut kemudian terlihat merobohkan lereng, menghancurkan segala sesuatu yang dilaluinya termasuk pepohonan hingga ruas jalan yang baru saja

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024