Diperkirakan Ada 27 Orang Terkubur di Longsor Ponorogo

Kondisi salah satu rumah warga terimpa longsor di Desa Banaran, Ponorogo, Jatim, Sabtu, 1 April 2017.
Sumber :
  • BNPB

VIVA.co.id – Jumlah warga yang terkubur hidup-hidup di lokasi bencana tanah longsor Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, tak hanya 11 orang. Hingga siang ini diperkirakan mencapai 27 orang.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

"27 Orang diperkirakan tertimbun longsor di Ponorogo," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, seperti dilansir di akun Twitternya, Sabtu, 1 April 2017.

Menurut Sutopo, korban tertimbun tak hanya warga yang berada di dalam rumah. Tapi warga yang sedang berada di kebun-kebun jahe yang ada di sekitar lokasi bencana.

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

Sutopo mengatakan, terjangan longsor diperkirakan sangat cepat, sehingga warga yang berada di kebun tak bisa menyelamatkan diri meski sudah berusaha lari. "Warga yang sedang di kebun dan rumah tertimbun longsor dengan cepat," ujar Sutopo.

Longsor terjadi pukul 06.00 WIB pagi tadi. Longsor terjadi akibat tebing setinggi lebih dari 100 meter ambrol karena lokasi sempat diguyur hujan lebat sejak Jumat malam, 31 Maret 2017.

Tanah Longsor di China, 47 Orang Terjebak di Runtuhan Bangunan

Sutopo menyebutkan, lebih dari 20 rumah warga yang terdampak longsoran tanah. Bahkan, kondisi rumah kini hancur. Tim pencari dan penyelamat atau SAR gabungan sudah berada di lokasi. Tapi pencarian korban terkendala semptinya jalan menuju lokasi tanah longsor.

Dampak Banjir Bandang di Pesisir Selatan

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Kepala BNPB Suharyanto mengatakan data terakhir bencana banjir dan longsor di Sumatera Barat, sebanyak 30 orang dinyatakan meninggal dunia dan 6 hilang

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024