Butuh Alat Berat Cari 11 Korban Terkubur Longsor Ponorogo

Rumah warga hancur diterjang longsor di Desa Banaran, Ponorogo, Jatim, Sabtu, 1 April 2017.
Sumber :
  • BNPB

VIVA.co.id – Tim pencarian dan penyelamat atau SAR gabungan kesulitan menemukan korban terkubur bencana tanah longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponogoro, Jawa Timur.

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Pencarian korban sangat sulit karena lokasi bencana berada di gugusan bukit yang rawan longsor. Selain itu, menurut informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo, jalan menuju lokasi sangat sempit.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, tim SAR gabungan membutuhkan alat berat untuk bisa mengangkat material longsor dan menemukan korban.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Karena, korban diduga terkubur di bawah material longsor setebal lebih dari satu meter. "Alat berat diperlukan untuk evakuasi korban yang tertimbun longsor. Akses menuju lokasi cukup sulit dilalui karena jalan kecil," kata Sutopo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 1 April 2017.

Informasi sementara ada 11 warga yang terkubur hidup-hidup. Jumlah korban diperkirakan bisa bertambah. Karena korban yang tertimbun tak hanya warga yang berada di dalam rumah. Tapi juga warga yang sedang memanen jahe di kebun.

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

Longsor terjadi pukul 06.00 WIB pagi tadi. Longsor terjadi akibat tebing setinggi lebih dari 100 meter ambrol karena lokasi sempat diguyur hujan lebat sejak Jumat malam, 31 Maret 2017.

Sutopo menyebutkan, lebih dari 20 rumah warga yang terdampak longsoran tanah. Bahkan, kondisi rumah kini hancur.

Ilustrasi longsor

Viral Detik-detik Pria Selamat dari Timbunan Tanah Longsor, Telat Sedikit Nyawa Tak Tertolong

Tanah longsor yang terjadi tersebut kemudian terlihat merobohkan lereng, menghancurkan segala sesuatu yang dilaluinya termasuk pepohonan hingga ruas jalan yang baru saja

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024