Ganjar Dicecar Soal Kedekatan Novanto dengan Andi Narogong

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Fajar GM/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan berita acara pemeriksaan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, terkait proyek kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Mengacu keterangan Ganjar di BAP, disebut mantan Ketua Fraksi Golkar, Setya Novanto, merupakan teman dekat pengusaha Andi Narogong.

Rektor UIN Jakarta Semprot Agus Rahardjo Soal e-KTP: Pak Agus Seharusnya Merespon Saat Itu

Ganjar, yang merupakan mantan anggota Komisi II DPR, juga disebut mengetahui Andi merupakan pengusaha rekanan proyek di Kementerian Dalam Negeri.

"Dalam BAP, saksi menjelaskan bahwa Andi adalah orang dekat Setya Novanto sudah bukan rahasia umum," kata jaksa KPK, Wawan Yunarwanto, dalam sidang lanjutan kasus korupsi e-KTP di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis, 30 Maret 2017. Sidang pengadilan itu mendakwa dua mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Namun, Ganjar memberikan penjelasan terkait pernyataan jaksa. Meski telah menandatangani BAP, Ganjar merasa keterangan tersebut tak pernah ia sampaikan dalam penyidikan. Ia kemudian meminta keterangan itu diubah.

"Khusus bagian itu, saya tak pernah menerangkan seperti itu. Kalau boleh atas izin majelis hakim, saya ingin rekaman penyidikan itu dibuka," lanjut politisi PDIP itu.

Ogah Jadi Hakim Moral, Alasan Prabowo Tak Cecar Ganjar soal Kasus Wadas hingga e-KTP Saat Debat

Mendengar hal itu, Jaksa kembali menanyakan isi BAP Ganjar yang lainnya. Salah satunya soal pertemuan Ganjar dengan Novanto.

Dalam pertemuan itu, Ganjar disebut mengatakan kepada Novanto bahwa soal e-KTP sudah beres. Namun, dikonfirmasi mengenai itu, Ganjar berdalih bukan soal 'penggiringan anggarannya'.

"Yang saya pikirkan proses, penganggaran sudah selesai, karena saya merasa, sudah sesuai prosedur," kata Ganjar. (ren)

Cara membuat KTP digital

INFOGRAFIK: Cara Buat KTP Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan rencana penggantian e-KTP fisik dengan KTP Digital atau disebut dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2023