Inikah Kesamaan Sosok Orang Pendek di Aceh dengan Tahun 1923

Potongan video yang menampilkan sosok Orang Pendek tak berbaju membawa kayu yang mengejutkan pengendara motor trail di hutan Aceh
Sumber :
  • VIVA.co.id/youtube

VIVA.co.id – Beredarnya video yang menampilkan sosok mahkluk diduga Orang Pendek di pedalaman hutan Aceh, masih menjadi perbincangan publik.

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

Sebab, jika memang itu benar adanya, maka ini adalah gambar pertama yang bisa menampilkan sosok Orang Pendek yang selama ini belum pernah bisa dibuktikan secara fisik sosoknya.

Sebab, meski pernah dilakukan oleh penelitian pada tahun 1989 oleh peneliti Inggris di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Jambi, namun penelitian itu memang belum mengungkapkan fakta sesungguhnya. Temuan berupa feses, rambut, jejak dan dugaan bekas permukiman mereka di hutan, tetap belum membuka tabir. Orang Pendek ini adalah sosok makhluk jenis apa.

Identitas Pemeran Video Mesum di Hutan Pacitan Terkuak, Begini Pengakuannya

Orang Pendek itu terekam tak sengaja oleh sekelompok pengendara motor trail di Hutan Aceh. Lihat videonya.

Sesungguhnya ada kesamaan yang muncul dari laporan penemuan Orang Pendek yang pernah dituliskan oleh Ahli Zoologi Belanda, Van Heerwarden, pada tahun 1923, dan beberapa kesaksian perihal Orang Pendek yang pernah tercatat.

Partai Aceh Usung Mantan Panglima GAM Jadi Calon Gubernur di Pilkada 2024

Lalu apa kesamaan itu?

Dalam buku Reported Find of Missing Link Will Be Probed (1924), yang menuliskan kesaksian Van Heerwarden pada tahun 1923, Heerwarden menyebut bahwa Orang Pendek yang ditemuinya di daerah Palembang, Sumatera Selatan, dicirikan dengan berwajah mirip manusia.

Kemudian memiliki tinggi badan sekira 150 sentimeter, berdiri tegak dengan kedua kaki dan konon disebutkan memegang benda berupa kayu menyerupai tombak serta memiliki kemampuan lari yang sangat cepat.

Berlanjut pada tahun 2013, ketika ada laporan regu patroli di Taman Nasional Way Kambas Lampung. Dari kesaksian Sukatmoko, salah seorang regu patroli, pernah menemukan sekelompok makhluk sedang melintas di dalam hutan.

Beberapa di antaranya terlihat menggendong bayi, telanjang dan beberapa memegang benda berbentuk tombak dari kayu.

“Mereka tidak memakai baju, berambut gimbal panjang dan memegang tombak kayu panjang. Tidak bisa juga dibedakan yang masih dewasa atau anak-anak," kata Sukatmoko seperti pernah dilansir VIVA.co.id pada tahun 2013.

Karena itu, jika kemudian merujuk ke video yang beredar dan diduga menampilkan sosok Orang Pendek yang ditemukan di hutan Aceh, maka ada kesamaan yang bisa disaksikan langsung oleh mata. Yakni, tidak berbaju atau telanjang, ukuran tubuh pendek dan membawa sesuatu berupa tongkat berbentuk kayu.

Lantas apakah ini adalah jenis makhluk yang sama yang pernah ditemukan pada tahun 1923 di Palembang dan tahun 2013 di Lampung? Tentu ini butuh pengujian lebih lanjut. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya