Aksi 313, Muhammadiyah Minta Pemerintah Peka Aspirasi Umat

Umat Islam ikut aksi 212
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Forum Umat Islam bersama sejumlah elemen masyarakat akan kembali turun ke jalan pada tanggal 31 Maret 2017. Aksi bernama 313 itu menuntut agar Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok segera dipenjara. Aksi itu diklaim akan melibatkan massa mencapai 10 ribu orang.

Muhammadiyah: Prabowo Harus Menyerap Aspirasi Anies, Cak Imin, Ganjar, dan Mahfud

Menanggapi hal itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir berharap, agar aksi yang dilakukan untuk menuntut keadilan dan kepastian hukum itu dapat berjalan dengan damai. "Polisi dan aparat keamanan lainnya harus memastikan acara itu juga berjalan dengan damai dan tertib," kata Haedar saat berkunjung ke SMK Muhammadiyah, Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Rabu 29 Maret 2017.

Diakui Haedar, rencana aksi 313 dan unjuk rasa sebelumnya seharusnya jadi perhatian serius pemerintah. Di mana pemerintah dinilai harus menangkap aspirasi umat muslim. "Aksi-aksi itu terjadi karena ambigu ketatanegaraan, sehingga ke depan harus diantisipasi. Seperti pro-kontra penonaktifan Ahok sebagai Gubernur DKI," ucapnya.

Dedie Rachim Kabarkan Idul Fitri Tingkat Kota Bogor Digelar Bersamaan 10 April

Lebih jauh Haedar mengatakan, diperlukan adanya dialog nasional terkait dengan permasalahan kebangsaan, sehingga permasalahan itu tidak menjadi penghambat Indonesia untuk maju. "Bahwa politik di Indonesia itu memang tidak bisa dilepaskan dari agama. Hal itu juga terlihat dalam sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa," ujarnya. (mus)

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir

Pesan Penting Haedar Nashir untuk Prabowo Usai Ditetapkan Presiden Terpilih

KPU RI telah menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024