Makna Kunjungan Anies ke Kampung Warteg di Tegal

Anies Baswedan menemui warga di Kelurahan Cabawan, Margadana, Tegal, Jawa Tengah
Sumber :
  • istimewa

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3 Anies Baswedan, menyambangi Kelurahan Cabawan, Margadana, Tegal, Jawa Tengah, Rabu, 29 Maret 2017. Kelurahan ini tergolong istimewa karena dijuluki sebagai kampung warung tegal (warteg). Sekitar 80 persen warga di kampung itu menjadi pengusaha warteg di Jakarta.

Sandiaga ke Pendamping Baru Anies: Jangan Baper

Menurut Anies, kunjungan ini sebagai pengingat betapa besar jasa para pengusaha warteg di Jakarta. Sebab, apapun pembangunan di Ibukota ternyata ada peran penting para pengusaha warteg yang memenuhi kebutuhan makan warga Jakarta sebelum mereka beraktivitas.

"Di balik gedung tinggi di Jakarta, di balik deru aktivitas warga Jakarta, ada jasa pengusaha warteg yang mempersiapkan para warga agar perut mereka tidak kosong saat bekerja," ujar Anies.

Anies Baswedan 16 Bulan Tak Punya Wagub, Inikah Penyebabnya?

Anies mengapresiasi kerja para pengusaha warteg di Jakarta. Mereka seoalah bekerja di belakang layar dari majunya pembangunan Ibukota.  

"Saya datang untuk berterima kasih kepada mereka yang meninggalkan anak dan istri mereka di kampung ini untuk ikut memajukan kota Jakarta," katanya.

Cerita Haru Saat Serah Terima Kunci Rumah DP 0 Rupiah

Anies juga menyapaikan bahwa usaha warteg bisa menjadi salah satu contoh usaha mikro yang sesuai dengan program Anies-Sandi, yakni penciptaan lapangan kerja melalui program kewirausahaan One Kecamatan, One Center for Entrepreneurship (OK OCE).

Jika terpilih, sudah menjadi kewajiban Anies-Sandi untuk lebih mengembangkan para wirausahawan warteg di Jakarta. Anies berharap, dengan menyinergikan program OK OCE dengan warteg, maka wirausaha mikro di bidang kuliner itu akan lebih berkembang.

 "Warteg itu contoh wirausaha mikro yang sangat pas dengan program kewirausahaan kami, OK OCE. Mereka (para pengusaha warteg) memiliki skill, tinggal memberikan pelatihan dan kepastian usaha. Saya yakin mereka akan lebih berkembang," kata Anies setelah sarapan di Warung Ma 'Nyak di Kelurahan Cabawan, Margadana, Tegal.

 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya