Longsor di Bandung Makan Korban Jiwa

Longsor di Pasir Kicang, Bandung, Jawa Barat.
Sumber :
  • Viva.co.id/Adi Suparman

VIVA.co.id – Musibah longsor di Kampung Pasir Rincang RT 02/02 Desa Dukuh, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menyebabkan 10 orang jadi korban. Satu di antaranya meninggal dunia akibat tak kuasa menahan terjangan arus tanah dari tebing setinggi lima meter.

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Staf Humas Badan SAR Nasional (Basarnas) Provinsi Jawa Barat, Andika Zein, mengungkapkan akibat longsor yang terjadi sekitar pukul 09:00 WIB itu, dua orang diharuskan menjalani perawatan di Rumah Sakit Ebah Majalaya, sedangkan tujuh sisanya dinyatakan selamat.

"Korban yang meninggal dunia itu tertimbun longsor karena tidak bisa menyelamatkan diri seperti korban-korban lainnya," kata Andika, Selasa 28 Maret 2017.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Korban longsor yang meninggal yaitu Mansur usia 55 tahun. Mansur merupakan warga pemilik lahan yang dilanda longsor. Sedangkan dua orang yang mendapatkan penanganan rumah sakit yaitu Kahya usia 45 tahun dan Oday usia 40 tahun.

Andika menjelaskan, musibah longsor terjadi saat para korban tengah membuat saluran air baru untuk memperluas areal sawah dari Kampung Pasir Rincang ke Desa Dukuh.

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

Saat pengerjaan berlangsung, tebing setinggi lima meter dengan panjang 20 meter, menurun.  Penyebabnya karena lahan yang digarap merupakan bekas longsoran delapan tahun lalu, sehingga bergeser dan akhirnya longsor.

"Korban dapat dievakuasi oleh perangkat desa, unsur Muspika dan warga yang mencapai 200 orang saling membantu. Untuk korban yang meninggal, dimakamkan di Kampung Pasir Rincang oleh pihak keluarga dan aparat desa setempat," kata Andika. (ren)

Ilustrasi longsor

Viral Detik-detik Pria Selamat dari Timbunan Tanah Longsor, Telat Sedikit Nyawa Tak Tertolong

Tanah longsor yang terjadi tersebut kemudian terlihat merobohkan lereng, menghancurkan segala sesuatu yang dilaluinya termasuk pepohonan hingga ruas jalan yang baru saja

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024