Lonjakan Arus Balik belum Terlihat di Siang Hari Libur Nyepi

Ilustras-Gerbang Tol Cipali di Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA.co.id – Arus balik hari libur panjang memperingati Hari Raya Nyepi di ruas tol wilayah hukum Polda Jawa Barat, tampak tanpa kepadatan. Dari ruas tol yang sempat  dilakukan antisipasi macet, hanya gerbang Tol Ciawi Bogor yang mengalami kepadatan dari arah Puncak.

Bakal Ada yang Baru di Jalan Tol Cipali, Sudah Tahu?

KBO Direktorat Lalu Lintas Polda Jabar, AKBP Harry Afandi menjelaskan, arus lalu lintas di Tol Cipali, Cipularang dan Padaleunyi juga belum mengalami peningkatan volume kendaraan.

"Hanya Tol Jagorawi khususnya gerbang tol arah Puncak terpantau padat. Sedangkan Tol Pasteur, Baros, Kopo, Buah Batu dan Cileunyi lancar," ujar Harry pada Selasa 28 Maret 2017.

Bakrie & Brothers Pasok Box Girder untuk Proyek LRT dan Jalan Tol

Untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan, pihaknya terus memantau situasi laju kendaraan. Termasuk mengantisipasi kepadatan kendaraan arus balik yang akan terjadi di ruas Tol Cipali, Cipularang dan Padaleunyi.

Petugas saat ini mengawasi ruas Tol Cipali di Gerbang Kalijati, Subang, Cikedung, Kertajati, Sumber Jaya, Palimanan yang yang hingga saat ini, masih terpantau lancar.

Menhub Sebut Jalur Yogya-Solo Butuh Jalan Baru

Sedangkan di ruas Tol Cipularang, petugas mengantisipasi kepadatan di Gerrbang Sadang, Jati Luhur Padalarang.

"Arus lalu lintas Tol Padalenyi dari Pasteur, Baros, Kopo, M Toha, Buah batu, Cileunyi juga terpantau lancar," ujar dia.

Harry menjelaskan, lonjakan arus balik diprediksi akan terjadi sore hingga malam nanti dan penanganan dilakukan dengan menyiagakan petugas di masing-masing pintu tol.

"Termasuk beberapa gardu akan disiapkan pembagian kartu tol secara manual agar tidak terjadi antrean," kata dia lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya