Sungai Meluap, Banjir Rendam Kota dan Kabupaten Solok

Banjir genangi Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Selasa (28/3/2017).
Sumber :

VIVA.co.id – Hujan deras sejak Senin kemarin sampai Selasa dini hari mengakibatkan sungai Batang Lembang meluap dan menyebabkan banjir di Kota dan Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Luapan air sungai saat ini juga sudah menggenangi rumah warga.

Banjir Demak Mulai Surut, Jokowi Kembali ke Jakarta

Informasi yang dihimpun VIVA.co.id, Selasa, 28 Maret 2017, banjir menggenangi dua kecamatan di Kota Solok yakni di Kecamatan Lubuk Sikarah dan Tanjung Harapan. Sementara, banjir di Kabupaten Solok yang terdampak antara lain terjadi di Kecamatan Kubung tepatnya di Koto Baru. Kemudian, ada Kecamatan Selayo dan Bukitsundi tepatnya di Muaro Paneh.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, R. Pagar Negara,  menyampaikan, meluapnya sungai Batang Lembang karena intensitas hujan yang cukup tinggi. Saat ini air luapan sudah mulai masuk ke rumah warga, terutama yang tinggal di kawasan rendah.

Jokowi Turun Langsung ke Demak Cek Perbaikan Tanggul yang Jebol

"Untuk dikawasan yang rendah, ketinggian air sudah mencapai sekitar setengah meter. BPBD setempat saat ini sudah berada di lokasi memantau debit air, dan mengantisipasi dampak yang lebih besar," kata Pagar Negara kepada VIVA.co.id, Selasa 28 Maret 2017.

Dijelaskan Pagar, pihak BPBD mengimbau waga untuk tetap waspada. Hal ini mengingat kondisi cuaca sampai saat ini masih hujan. Apabila debit air semakin tinggi, warga diminta untuk segera mencari lokasi yang lebih tinggi dan aman.

Anies Baswedan Kunjungi Korban Banjir di Sumatera Barat

"Luapan Sungai Batang Lembang rutin terjadi, terutama saat curah hujan cukup tinggi," tuturnya.

Banjir genangi Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Selasa  (28/3/2017).

Foto: Banjir genangi Kabupaten dan Kota Solok, Sumbar, Selasa (28/3/2017)

Sementara itu, Pagar menambahkan banjir juga terjadi di Kabupaten Sijunjung tepatnya di Kecamatan Lubuk Tarok Nagari Lubuk Tarok yang mengakibatkan satu unit Jembatan Rusak Berat

"Satu unit Rumah warga Hancur dan Puluhan Rumah Terendam, serta puluhan hektare sawah warga terendam banjir," katanya.

Adapun berdasarkan prakiraan cuaca BMKG Padang Pariaman, dilaporkan pada pagi hingga sore hari ini, adanya peningkatan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sejumlah wilayah di Sumatera Barat.

Dampak daerah yang perlu diwaspadai potensi bencana karena cuaca yakni di Agam (Malalak dan sekitarnya), Lima Puluh Kota (Pangkalan,Koto Alam,Kapur IX), Kabupaten Solok (Lembah Gumanti,Danau Kembar), Solok Selatan, Lembah Anai, dan Sijunjung bagian timur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya