Suasana Haru Permakaman Satu Keluarga Korban Banjir Bandang

Aparat Polri dan BPBD membersihkan jalanan dan rumah-rumah warga yang terdampak banjir bandang di Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara, pada Senin, 27 Maret 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putra Nasution

VIVA.co.id – Isak tangis mewarnai permakaman satu keluarga korban banjir bandang di Kota Padangsidempuan, Sumatera Utara. Permakaman dilakukan di pemakaman muslim di Simartorkis Pondala Kota Padangsidempuan, Senin sore, 27 Maret 2017.

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Empat jenazah yang merupakan satu keluarga itu, masing-masing bernama Syahriana Situmorang (45), Saykum Sarumpaet (48), Rofiah Sarumpaet (8) dan Sakinah Sarumpaet (10) yang tinggal di rumahnya di Lingkungan III, Kelurahan Lubuk Raya, Kecamatan Padangsidempuan Hutaimbaru, Kota Padangsidempuan.

Ratusan warga dibantu sejumlah aparat TNI/Polri dan Tim SAR mengantar empat jenazah itu ke liang lahat tempat peristirahatan terakhir. Di mata keluarga dan kerabat, satu keluarga korban banjir bandang itu adalah orang-orang yang supel dan mudah bergaul.

Suara Bergemuruh! Warga Ungkap Detik-detik 'Galodo' Terjang Permukiman di Lereng Gunung Marapi

"Baik dia orangnya. Di samping itu juga, dia orangnya suka melucu. Makanya terkejut kami waktu dapat kabar dia jadi korban," tutur salah seorang kerabat korban bernama Mangaraja Talian Harahap.

Selain mereka, warga yang juga menjadi korban banjir adalah Bahar Efendi Panggabean (55) warga Lingkungan I Sitataring, Kelurahan Batang Ayumi Julu, Kecamatan Padangsidempuan Utara, Kota Padangsidempuan.

Lumpuh 4 Jam Akibat Banjir Lahar Dingin, Jalan Padang-Bukittinggi Kembali Bisa Dilalui

Akibat banjir bandang, diketahui ratusan warga telah mengungsi ke tempat aman seperti lapangan dan masjid. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menyebutkan, bahwa lebih dari 400 jiwa mengungsi di beberapa kelurahan seperti Kelurahan Ujung Padang, Kecamatan PSP Selatan 46 KK, Kelurahan Batang Ayumi Zulu, Kecamatan PSP Utara 110 jiwa dan Kelurahan Batunadua di Kecamatan PSP Batunadua 200 jiwa.  

Banjir berdampak di 6 kecamatan di Kota Padang Sidempuan seperti Kecamatan Padang Sidempuan Utara, Padang Sidempuan Selatan, Padang Sidempuan Tenggara, Padang Sidempuan Hutaimbaru, Padang Sidempuan Batunadua dan Padang Sidempuan Angkola Julu. BPBD juga melaporkan bahwa ratusan murid SDN 200114/22 Kantin Lombang yang berlokasi di Kecamatan Padang Sidempuan diliburkan karena sekolah rusak dan tertimbun lumpur.    

Beberapa bangunan rusak dan hanyut di Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua, Padang Sidempuan Utara, PSP Selatan, Angkola Julu. Total kerusakan di wilayah tersebut mencakup rumah rusak 17 unit, 17 rumah tenggelam berikut 7 kendaraan yang juga terendam banjir. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya