Banjir Bandang Padangsidempuan, 5 Tewas

Dampak banjir bandang di Kota Padangsidempuan Sumatera Utara, Senin (27/3/2017). Dilaporkan ada lima orang warga tewas tersapu banjir.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Twitter

VIVA.co.id – Bencana banjir bandang di Kota Padangsidempuan Sumatera Utara menelan korban lima orang warga setempat. Dilaporkan juga, ratusan orang hingga Senin, 27 Maret 2017, pun masih mengungsi di tempat aman.

Suara Bergemuruh! Warga Ungkap Detik-detik 'Galodo' Terjang Permukiman di Lereng Gunung Marapi

Dalam siaran pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana, kelima orang yang tewas tersapu banjir bandang itu, empat di antaranya merupakan warga dari Kecamatan PSP Hutaimbaru, sementara seorang lagi dari Kecamatan Padangsidempuan Utara.

Banjir ini, berdampak pada enam kecamatan, yakni Kecamatan Padang Sidempuan Utara, Padang Sidempuan Selatan, Padang Sidimpuan Tenggara, Padang Sidempuan Hutaimbaru, Padang Sidempuan Batunadua, dan Kecamatan Padang Sidempuan Angkola Julu.

Lumpuh 4 Jam Akibat Banjir Lahar Dingin, Jalan Padang-Bukittinggi Kembali Bisa Dilalui

"Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menyebutkan lebih dari 400 jiwa mengungsi," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Senin, 27 Maret 2017.

BPBD setempat juga melaporkan bahwa ratusan murid SDN 200114/22 Kantin Lombang yang berlokasi di Kecamatan Padang Sidempuan diliburkan karena sekolah rusak dan tertimbun lumpur.

Lebih dari 13.000 Orang Dievakuasi di Kazakhstan karena Banjir

Beberapa bangunan rusak dan hanyut di Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua, Padang Sidempuan Utara, PSP Selatan, Angkola Julu. Total kerusakan di wilayah tersebut mencakup rumah rusak 17 unit, rumah hanyut 17, dan kendaraan hanyut 7.

Pemerintah setempat telah mendirikan dapur umum di dua titik pada Kelurahan Sitamian, Kecamatan Padang Sidempuan Selatan, di bawah Pos Komando Tanggap Darurat Bencana. Di samping itu, BPBD telah menurunkan Tim Reaksi Cepat untuk penyelamatan dan evakuasi. (hd)

Korban tewas dan selamat banjir bandang saat dievakuasi ke Puskesmas di Kabupaten Langkat.(istimewa/VIVA)

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Banjir badang atau air bah terjang lokasi wisata pemandian Kolam Abadi Teroh-teroh/Pelaruga Jungle, di Dusun I Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingei, Sumatera Utara.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024