Gempa 3,5 SR Guncang Bantul

Gempa Yogyakarta
Sumber :
  • BMKG

VIVA.co.id – Gempa bumi berkekuatan 3,5 skala richter (SR) melanda Bantul, Yogyakarta, Senin, 27 Maret 2017, pukul 07.54 WIB. 

Ada 13 Kali Gempa Bumi Susulan di Banten Usai Magnitudo 5,7 SR

Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Yogyakarta manyatakan,  gempa terjadi pada lokasi  9.01 LS dan 109.87 BT atau 133 kilometer barat daya Kabupaten Bantul. Gempa terjadi di kedalaman 10 kilometer.

Tri Juwanto, warga Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul, misalnya. Dia merasakan gempa namun tidak terlalu besar. "Tadi sempat merasakan goyangan sedikit tapi saya kira bukan gempa," katanya, Senin, 27 Maret 2017.

Gempa Bumi Magnitudo 5,7 Guncang Bayah Banten

Dardi Nugroho, warga Pantai Depok Kabupaten Bantul, mengaku justru tak merasakan gempa bumi yang berpusat di laut selatan Yogyakarta tersebut. "Saya malah tidak merasakan gempa," katanya.

Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto mengatakan, belum ada laporan kerusakan terkait gempa yang berlangsung beberapa saat tadi. "Sejauh ini tidak ada kerusakan. Warga hanya terkejut saja," katanya.

BMKG: Gempa Magnitudo 3,1 Guncang Tasikmalaya Bersumber dari Daratan

Sebagai daerah rawan gempa, menurut Dwi, masyarakat Bantul harus terbiasa hidup dengan gempa. Apalagi gempa besar pernah melanda Bantul pada 2006 silam.

"Saat ini kesadaran masyarakat untuk waspada dengan bencana terus ditanamkan sehingga siap bila bencana terjadi," katanya. (mus)
 

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Jawa Tengah Juga Diguncang Gempa, Terbaru di Cilacap, Salatiga dan Grobogan

Gempa terjadi beruntun selama dua hari ini di Wilayah Provinsi Jawa Tengah. Yang terbaru, gempa mengguncang Cilacap pada hari Senin pagi

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2024