Tanah Longsor Tutup Jalur Utama Malang-Kediri

Jalan penghubung dua desa terputus akibat longsor di Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Senin, 20 Maret 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat

VIVA.co.id – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Malang mengakibatkan tanah longsor di Jalan Raya Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, Minggu, 26 Maret 2017 sekitar pukul 16.00 WIB.

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Jalan ini merupakan jalur utama dari Malang menuju ke Kediri, Jawa Timur. Koordinator Relawan Jangkar Kelud, Catur Sudharmanto, mengatakan, hujan deras yang mengguyur selama dua hari menjadi faktor utama penyebab longsor.

“Longsor sempat membuat jalur utama dari Malang menuju Kediri atau sebaliknya tertutup total. Sekarang setelah dievakuasi bisa dilalui tapi dengan sistem buka tutup," kata Sudharmanto.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Akibat tanah longsor, arus lalu lintas dari Malang menuju Kediri mengalami kemacetan sepanjang 5 kilometer. Para pengendara diimbau berhati-hati karena material longsor menutupi badan jalan.

"Material longsor air dan tanah ada beberapa pohon tumbang kecil-kecil. Kendala proses evakuasi karena menggunakan alat manual. Petugas menunggu bantuan alat berat dari BPBD Kabupaten Malang," ujar Sudharmanto. 

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

Selain menutup akses jalan utama, hujan deras juga membuat aliran Sungai Konto di Desa Wonoagung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, meluap. Warga saat ini diminta mengevakuasi hewan ternak ke tempat yang lebih aman. 

"Selain jalur utama tertutup longsor, di Wonoagung sungai meluap. Jembatan penghubung Desa Pondok Agung, Kasembon, Malang, dan Desa Siman, Kepung, Kediri, hanyut. Di Mendalan, lima sepeda motor milik warga hanyut belum ketemu sampai sekarang," kata Sudharmanto. (one)

Ilustrasi longsor

Viral Detik-detik Pria Selamat dari Timbunan Tanah Longsor, Telat Sedikit Nyawa Tak Tertolong

Tanah longsor yang terjadi tersebut kemudian terlihat merobohkan lereng, menghancurkan segala sesuatu yang dilaluinya termasuk pepohonan hingga ruas jalan yang baru saja

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024