Jelang Pleno Pilkada, Kantor KPUD Serui Terbakar

Mobil pemadam kebakaran.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id – Polda Papua mengirim ratusan personel Brigade Mobil atau Brimob untuk mengawal pelaksanaan penghitungan perolehan suara pemilihan kepala daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua. Rencananya, pleno akan digelar di Kota Serui, Yapen, Senin 27 Maret besok. 

Menang Pilkada, Lukas Enembe-Klemen Tinal Kembali Pimpin Papua

“Sebelumnya, sudah ada ratusan personel Brimob yang ditempatkan di Yapen. Namun, untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan saat pelaksanaan pleno KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) atas PSU (pemungutan suara ulang), kami menambahkan satu peleton lagi," ujar Juru Bicara Polda Papua, Kombes Ahmad Mustafa Kamal, Minggu 26 Maret 2017. 

Pengamanan jalannya pleno KPU Yapen, sambungnya, akan dipimpin langsung oleh Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw. "Kapolda akan turun langsung pimpin pengamanan jalannya pleno. Sebab, Pilkada Yapen menjadi salah satu atensi nasional, karena berlarut-larut tanpa ada hasil," jelasnya. 

Lagi, Polisi Hilang Saat Pengamanan Pilkada Papua Ditemukan Tewas

Sementara itu, warga Kota Serui sempat dibuat heboh akibat terbakarnya kantor KPUD. Menurut Ahmad, kebakaran terjadi sekitar pukul 15.00 WIT. Penyebabnya hingga saat ini masih dalam proses penyelidikan.

"Diperkirakan, asal api dari plafon kamar mandi, yang merembet ke ruangan kantor ketua KPUD Serui. Api pada pukul 15.30 WIT sudah dapat dipadamkan. Belum diketahui kerugiannya," tuturnya. 

Kapolri Klaim Anggotanya Tewas Bukan Ditembak KKB Papua

Ia membantah kabar bahwa kantor sengaja dibakar orang tak dikenal menjelang pleno KPUD. "Bukan dibakar, tapi terbakar. Asal api masih diselidiki," jelasnya. (one)

Bupati Merauke Frederikus Gebze (kedua dari kanan)

Peta Persaingan Pilkada Merauke, Calon Bupati Petahana Diunggulkan

Gebze diinginkan warga Merauke kembali maju di periode kedua.

img_title
VIVA.co.id
30 Januari 2020