NasDem Tak Mau Buru-buru Usung Cagub di Provinsi Lain

Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Surya Paloh.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Yasir

VIVA.co.id – Setelah mendeklarasikan dukungan untuk mengusung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil maju ke Pemilihan Kepala Daerah, atau Pilkada Jawa Barat, Partai NasDem tampaknya tak mau terburu-buru mengusung calon gubernur di provinsi lain pada Pilkada Serentak 2018 mendatang.

Anggota DPR dari Nasdem Dilaporkan ke MKD

Ketua Umum DPP NasDem Surya Paloh mengungkapkan, pihaknya masih meneliti keadaan di masing-masing daerah penyelenggara pilgub. Calon usungan di setiap daerah, tidak dapat ditetapkan secara bersamaan.

"Kita akan teliti dulu. Masing-masing punya keunggulan, ciri khas, dan komposisi struktur pikiran masyarakatnya berbeda-beda. Semuanya harus menjadi pertimbangan bagi NasDem," kata Surya Paloh di Hotel Clarion Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu 25 Maret 2017.

Ridwan Kamil: Covid-19 Penyakit Orang Kota

Ia mengungkapkan, tim peneliti dari DPP NasDem saat ini tengah mengevaluasi sejumlah figur yang dipertimbangkan untuk maju pada Pilgub di 16 provinsi, termasuk di Sulsel. Namun, ia menegaskan, keputusan partainya mengusung calon tidak akan diambil dalam waktu dekat ini.

Pilkada serentak tahap II sendiri diikuti 17 Provinsi. Jawa Barat, Bali, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Riau, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, serta Sulawesi Selatan tengah bersiap menggelar pesta demokrasi tahun depan.

Ridwan Kamil Setop PSBB di Jawa Barat, Kecuali Bodebek

"Masih jauh. Belum capai tahap final. Beda Jawa Barat dengan Sulsel, dan provinsi lainnya," ucaonya.

Ia tampak mengisyaratkan rekomendasi NasDem di pilgub terbuka bagi semua kalangan. Terutama, bagi kader partai. Di Sulsel, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Rusdi Masse disebut memiliki peluang besar.

"Rusdi Masse ketua partai (NasDem) di sini, orang yang baik sekali. Dia punya kapasitas dan kapabilitas yang baik, dalam mengonsolidasikan partai. Tetapi, belum tentu otomatis mendapatkan respons dari masyarakat untuk menjabat sebagai birokrat," ujarnya.

Sebagai informasi, Partai NasDem mendeklarasikan pengusungan Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jawa Barat 2018-2023, di lapangan Monumen Bandung Lautan Api Tegalega Kota Bandung, Minggu lalu, 19 Maret 2017.

Pengusungan calon tersebut diresmikan dengan penyerahan secara langsung rekomendasi politik oleh Ketua DPW NasDem Jawa Barat, Saan Mustofa kepada Ridwan di hadapan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh.

Setelah Ridwan Kamil, beredar kabar Partai NasDem juga berencana meminang Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, untuk diusung sebagai bakal calon Gubernur Jawa Timur di Pilkada Jatim 2018 nanti. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya