Polri Tambah Polres di Pegunungan Papua

Kapolda Sumut Irjen Pol. Paulus Waterpauw.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Banjir Ambarita

VIVA.co.id – Untuk menekan potensi konflik di wilayah Pegunungan Papua, terutama menjelang Pilkada serentak pada 2018 dan Pemilu Nasional di 2019, Polri menambah markas Polres di Kabupaten Mamberamo Tegah.

Polri Bakal Keluarkan Red Notice 2 Tersangka TPPO Ribuan Mahasiswa ke Jerman

Peresmian Markas Polres baru itu berlangsung Sabtu 25 Maret 2017, di Kobakma ibu kota Mamberamo Tengah, dan dipimpin Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw.

“Kehadiran Markas Polres Mamberamo Tengah, diharapkan mampu meminimalisir gangguan Kamtibmas secara umum di wilayah pegunungan Papua. Terutama, menjelang berbagai agenda yang akan digelar seperti Pilkada serentak dan Pemilu,” ujar Paulus dalam sambutannya.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Selain itu, lanjutnya, kehadiran Polres Mamberamo Tengah, juga harus mampu memberikan jawaban atas harapan masyarakat akan jaminan keamanan dan ketertiban dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari.

“Masyarakat butuh rasa aman dalam menjalankan segala kegiatannya. Nah, Polri harus mampu menghadirkan hal itu,” ucapnya menambahkan.

Buka Puasa Bersama Wartawan, Irjen Sandi Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional

Paulus lantas meminta kepada seluruh jajarannya di Polres baru Mamberamo Tengah, untuk bekerja profesional dalam menjaga Kamtibmas, serta memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Polisi harus melayani masyarakat dengan tulus, jangan malah sebaliknya. Selalu menghargai adat istiadat warga sebagai kearifan lokal. Intinya, jangan pernah arogan, karena itulah benih-benih potensi konflik,” kata Paulus.

Untuk Polres baru Mamberamo Tengah, ratusan personel langsung ditempatkan untuk menjalankan tugas sebagai pengayom, pelindung, pelayanan, sekaligus penegak hukum.

“Personel yang baru bertugas, agar segera beradaptasi dengan situasi dan kondisi lokal,” ujarnya.

Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak pun sangat mengapresiasi kehadiran Markas Polres di wilayahnya.

“Rentang kendali pelayanan Polri akan semakin pendek dan rasa aman masyarakat, juga akan semakin terjamin dan terlindungi dengan kehadiran Polres,” ujar Ricky.

Namun, untuk mewujudkan itu, ia meminta Polri dalam tugasnya bekerja profesional dan selalu menghargai budaya masyarakat setempat. “Semua harapan masyarakat itu bisa terwujud, jika Polri bekerja sesuai tupoksinya dan selalu menghargai kearifan lokal,” ucapnya.

Selain peresmian Markas Polres, pada hari yang sama, juga diresmikan Kantor KPU dan Bawaslu Kabupaten Mamberamo Tengah, yang dihadiri Komisioner KPU RI Juri Ardiantoro dan Arief Budiman, serta Ketua Bawaslu RI Muhammad. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya