Gempa 5,6 Skala Richter Guncang Paniai, Papua

Seismograf, alat pencatat pergerakan gempa bumi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rudi Mulya

VIVA.co.id – Gempa bumi terjadi di wilayah Kabupaten Paniai dan Waropen, Provinsi Papua. Hasil analisis pemutakhiran parameter menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pukul 21.57.28 WIB, Sabtu 25 Maret 2017 dengan kekuatan 5,6 skala Richter (SR).

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Berdasarkan keterangan tertulis yang diperoleh VIVA.co.id dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), guncangan gempa dirasakan banyak orang, tetapi tidak menimbulkan kerusakan.

Hingga saat ini juga belum ada laporan adanya korban jiwa sebagai dampak gempa hingga pukul 22.30 WIB.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis dangkal yang diduga akibat aktivitas Sesar Paniai (Paniai Fault Zone-PFZ). Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa dipicu oleh adanya penyesaran miring yang merupakan kombinasi antara pergerakan mendatar dan naik (oblique-thrust).

Mekanisme sumber ini memperkuat dugaan bahwa gempa yang terjadi memang disebabkan oleh aktivitas sesar aktif.

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI yang jadi Korban Gempa 7,4 SR di Taiwan

Kepada warga yang tinggal di wilayah Kabupaten Paniai, Waropen, Nabire, dan Wandai diimbau agar tetap tenang, karena aktivitas gempa ini belum berpotensi merusak.

Bangunan rubuh di Taiwan usai dilanda gempa

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Tim penyelamat Taiwan mencari 18 orang yang masih hilang pada Jumat, 5 April pasca gempa bumi yang terjadi pada Rabu lalu.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024