BNN: 60 Persen Narkoba Masuk Lewat Jalur Laut

Penyelundupan narkoba lewat bak mobil
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syaefullah

VIVA.co.id –  Kepala Subdit Lingkungan Kerja Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN), Kombes Pol Ricky Yanuarfi mengatakan, Indonesia saat ini sedang darurat masalah narkoba.

Bahkan, jumlah barang haram masuk ke Tanah Air cukup besar baik melalui jalur laut, udara, dan darat.

Kejar-Kejaran dengan Pengedar di Pamulang, Polisi Sita 4 Kg Sabu

"Hampir 60 persen jalur narkoba itu jalur laut," kata Ricky Yanuarfi dalam diskusi di acara Gathering Jurnalis Trunojoyo bertemakan 'Kupas Tuntas Kejahatan Dunia Maya dan Narkoba' di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu, 25 Maret 2017.

Karena itu, dari jajaran Polri-TNI terus melakukan pengawasan di garis pantai terhadap jaringan narkoba yang akan menebarkan barang haram di Indonesia. "Kita punya speedboat lebih cepat, telekomunikasi lebih canggih," ujarnya.

Sejauh ini, kata dia, pemasok narkotika ke Indonesia dari negara China. Berbagai modus penyelundupan narkotika ke Indonesia, salah satunya modusnya memasukkan narkoba ke mesin genset seperti yang terjadi di Jawa Tengah.

Bahkan, dari catatan BNN selama 2017 sudah ada puluhan kilogram barang haram yang berhasil diungkap dan diamankan. "(Wilayah) Kosambi 40 kilogram, Medan 14 kilogram, itu baru tiga bulan," ujarnya.

Tersangka pengedar narkoba tabrak warga di Kelapa Gading.

Dikejar Polisi, Tersangka Narkoba Tabrak Warga di Kelapa Gading

Aksi kejar-kejaran polisi dengan tersangka pengedar narkoba terjadi di kawasan Kelapa Gading. Pelaku nyaris menjadi sasaran kemarahan warga sekitar.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2022