Bandara Bali Siapkan Rp4,5 Miliar Bangun Lahan Parkir

Situasi Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.
Sumber :
  • VIVA/Bobby Andalan (Bali)

VIVA.co.id – Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, akan membangun tempat parkir baru untuk kendaraan roda dua. Pembangunan tempat parkir ini lantaran lahan parkir saat ini sudah melebihi kapasitas.

Angkasa Pura I Layani 5,5 Juta Penumpang di Januari 2024

“Pembangunan berdasarkan asumsi kami kelebihan kapasitas di atas tujuh persen," kata Advertise and Landside Service Assistance Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Annang Setiabudi, Sabtu 25 Maret 2017.

Annang memaparkan, untuk kapasitas parkir mobil di Bandara Ngurah Rai sebanyak 1.450 lot. Sementara itu, ruang parkir untuk roda dua sebanyak 2.965 lot. 

Media Asing Soroti Macet Parah di Bali, Jalanan Sempit Hingga Parkir Buruk

"Tahun ini kami tambah fasilitas untuk roda dua. Nantinya bisa menampung sekitar 3.000 kendaraan,” ucapnya.

Sementara itu, dana yang dikeluarkan untuk membangun fasilitas parkir itu sekitar Rp4,5 miliar. Pembangunan akan dimulai pada 1 April ini dan akan selesai pada Juni nanti.

Kapolri Ungkap Langkah Atasi Macet Horor agar Tak Terulang di Bali

“Tiga bulan saja," kata dia.

Saat ini, Bandara Ngurah Rai telah memiliki gedung parkir lima lantai yang disertai teknologi parking guidance system. Pembangunannya dilakukan pada 2013-2016 dan memakan biaya sebesar Rp100 miliar. 

Tarif parkir naik

Annang juga memastikan jika mulai 1 April ini, tarif parkir di Bandara Ngurah Rai akan naik untuk semua jenis kendaraan. Ia menjelaskan, untuk roda dua mulai 0-12 jam pertama dikenakan biaya Rp2.000 dari yang sebelumnya Rp1.000. Setelah 12 jam, tiap jam berikutnya dikenakan biaya sebesar Rp1.000.

Untuk roda empat, satu jam pertama dikenakan tarif Rp4.000. Tiap jam berikutnya akan dikenakan biaya Rp3.000. Untuk tarif parkir bus dan truk satu jam pertama Rp10.000 dan tiap jam berikutnya Rp5.000. 

Sementara itu, untuk parkir di gedung tingkat lantai lima untuk jam pertama Rp5.000 dan tiap jam berikutnya Rp3.000. 

"Kenaikan tarif ini merupakan keputusan direksi, karena terakhir kali tarif naik di Bandara Ngurah Rai itu pada 2009. Sampai tahun ini akhirnya tarifnya disesuaikan untuk peningkatan mutu, kenyamanan, dan pelayanan jasa," ucapnya.

Annang menjabarkan jika rata-rata pendapatan dari parkir di Bandara Ngurah Rai per harinya mencapai Rp100 juta. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya