Tips Memburu Tiket Mudik dari PT KAI

Suasana di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) menyarankan beberapa cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk memburu tiket mudik Idul Fitri tahun ini. Salah satunya, masyarakat harus coba membeli tiket online melalui rekanan resmi PT KAI seperti agen resmi atau minimarket.

Siap-Siap Kepadatan Arus Balik, Ini Tips Perjalanan Nyaman Bagi Ibu Hamil

Direktur Komersial PT KAI, Kuncoro Wibowo, mengatakan, pembelian ini agar menghindari antrean yang membeludak via website KAI.

"Coba jangan hanya di website KAI, karena banyak vendor kami yang cukup besar, termasuk minimarket. Silakan lakukan pembelian di situ. Ini penting karena informasi 70 persen masyarakat masih pakai andalkan website," kata Kuncoro seperti dikutip dari wawancara dengan tvOne, Sabtu, 25 Maret 2017.

8 Tips agar Mudik Tak Membosankan Saat Terjebak Macet

Menurut dia, jika membeli tiket mudik di minimarket dekat rumah, masyarakat tak perlu repot dari segi waktu. Kata dia, kalau mengandalkan beli online via website dengan menunggu sejak pukul 00.00, dikhawatirkan akan kesulitan mengakses.

"Nah, dalam membeli tiket ini juga jangan pukul 00.00 pas. Coba tujuh menit kemudian. Kalau sulit, coba satu jam setelah itu. Masih sulit, bisa tiga jam lagi. Ini bukan server kami dol, tapi antrean yang panjang," ujarnya.

Kolom Prof Tjandra: 7 Masalah Kesehatan Mudik dan 4 Tips Atasinya

Kemudian, masyarakat disarankan jangan hanya terpaku membeli tiket dari Jakarta. Apalagi tujuan mudik ke Jawa Tengah dan Jawa Timur akan kerepotan, karena dipastikan banyak yang menginginkan. Salah satu caranya bisa dicoba pemesanan dengan berangkat dari Bandung.

"Cari distrik lain seperti Bandung. Enggak papa satu atau dua jam dari Jakarta. Kalau masih ada ke Jawa Tengah atau Jawa Timur bisa berangkat dari Bandung. Karena rute Jakarta ke Jateng dan Jatim ini luar biasa banyak," ujarnya.

Selanjutnya, dalam membeli, biasakan kesiapan dalam data masyarakat yang disesuaikan kartu identitas. Hal ini juga menjadi catatan, karena bila nama di tiket berbeda dengan identitas maka masyarakat tak bisa naik.

"Kalau pas boarding enggak sama, ya tidak boleh masuk. Ini harus sama dengan identitas," tuturnya.

Terakhir, cara mudah juga sudah disiapkan PT KAI dengan layanan pembelian tiket melalui electronic kiosk (e-Kiosk) di vending machine yang berada di stasiun-stasiun. Cara ini lebih mudah tanpa harus mengantre di loket.

"Ada juga vending machine yang bisa dilakukan masyarakat. Ini ada di banyak stasiun," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya