Sentimen Anti Malaysia di Facebook

'We Hate Malaysia' No 1, 'Anti Malaysia' No 2

VIVAnews - Protes terhadap Malaysia tak hanya dilakukan dengan di jalanan. Sentimen anti Malaysia juga ditabuh di dunia maya, melalui internet.

Seperti dimuat laman Asia One, Jumat 11 September 2009 dalam situs jejaring sosial Facebook, grup 'Anti Malaysia (Malingsia)' dan 'Ganyang Malaysia' jadi hit. Kebanyakan pendukungnya adalah generasi muda.

Penelusuran VIVAnews, grup 'Anti Malaysia (Malingsia) memiliki 317.439 anggota. Sementara 'Ganyang Malaysia' memiliki 18.821 pendukung.

Meski beda nama, dua grup tersebut punya lambang yang sama, sosok mirip tengkorak muncul di tengah bendera Malaysia 'jalur gemilang' yang bolong terbakar.

Sementara, grup bernama 'We Hate Malaysia' masih jadi juara menjaring pendukung.

Sebanyak 408.985 pengguna facebook terdaftar dalam tersebut pada Jumat pukul 10.20 WIB.

Beda dengan grup sebelumnya, logo 'We Hate Malaysia' adalah seseorang membawa bendera merah putih dan menginjak bendera Malaysia 'jalur gemilang', jadi logo grup tersebut. Di bawah logo tercantum kalimat 'Bukan rasisme, ini nasionalisme'.

Semua gerakan-gerakan tersebut sepakat mengganti nama Malaysia menjadi 'Malingsia', yang berisi tudingan pada Malaysia sebagai maling yang mencuri kebudayaan Indonesia.

Tak hanya lewat Facebook, para pemrotes Malaysia juga memiliki laman khusus,  www.malingsia.com. Hampir semua isinya adalah hujatan terhadap negeri jiran dan plesetan logo yang digunakan Malaysia.

Misalnya, logo Visit Malaysia yang memuat semboyan 'Malaysia Truly Asia' diganti 'Malingsia Truly-Maling-Asia'

Laman tersebut juga memuat polling julukan baru buat Malaysia. Pengunjung diminta memilih antara nama 'Malingsia', 'Malon', 'Malingsial', 'Malasya', 'Maling Asia', 'Crazy Malay, atau 'MalingShit', aduh...

Putri Amien Rais Ambil Formulir di PKB untuk Maju Wali Kota Yogyakarta

Luar biasanya, lebih dari 13.000 orang ikut serta dalam jajak pendapat itu.

Laman malingsia.com juga menawarkan kaus yang dilabeli limited edition yang bertuliskan 'Save Ambalat' di bagian depan dan 'It's Malingsia' di bagian belakang. Lho kok jualan?

Sementara, hampir tak ada balasan dari pihak Malaysia di Facebook. Namun ada satu akun bernama 'Indon Celaka', itupun bukan grup, melainkan akun pribadi.

Janji Bakalan Ke Indonesia Lagi, Day6 Kode Bakal Gelar Konser Tahun Depan?
Kondisi mobil saat kecelakaan di kampus UI

Terungkap, Pengemudi Mobil Putih Tabrak Bus Kuning Ternyata Mahasiswa UI

Identitas pengemudi mobil putih yang menabrak bus kuning Univesitas Indonesia (UI) ternyata mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI. Dalam mobil tersebut berisi ti

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024