Andi Narogong Tiba di Gedung KPK

Tersangka Proyek e-KTP, Andi Narogong.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Edwien Firdaus

VIVA.co.id – Pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong digelandang Satuan Tugas Komisi Pemberantasan Korupsi ke kantor antirasuah itu di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis malam, 23 Maret 2017.

Penampakan Bupati Langkat Saat Ditangkap, Pakai Kaos dan Celana Pendek

Diapit oleh tim penyidik, Andi Narogong yang mengenakan kemeja biru dibalut jaket hitam, langsung dibawa masuk ke kantor KPK. Meski sempat diberondong pertanyaan oleh awak media, namun Andi tetap bungkam. 

Selain itu, pantauan VIVA.co.id, Penyidik Senior KPK, Novel Baswedan dan Damanik, turut membawa barang-barang hasil penggeledahan. Andi sebelumnya ditangkap dan ditetapkan penyidik KPK sebagai tersangka korupsi Proyek e-KTP Tahun Anggaran 2011-2013.  

KPK Sebut Bupati Kuansing Sempat Berusaha Kabur Saat Ditangkap

Saat dikonfirmasi, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, mengatakan bahwa pihaknya memiliki waktu maksimal 1 x 24 jam guna menentukan akan ditahan atau tidak setelah Andi ditangkap.

"Jadi, perlu dibedakan juga alasan penangkapan dan penahanan," kata Febri melalui pesan singkatnya.

Dalam dakwaan Tim Jaksa KPK kepada dua mantan pejabat Kemendagri, Irman dan Sugiharto, menyebutkan bahwa Andi Narogong telibat aktif memberikan uang kepada pejabat kemendagri, dan anggota DPR RI untuk memuluskan anggaran e-KTP.

KPK Sebut Pernyataan Arteria Dahlan Soal OTT Bertetangan dengan UU

Bahkan, terdakwa Irman mengatakan Andi Narogong yang mengundang Irman dan Sugiharto melakukan pertemuan dengan mantan Bendahara Umum sekaligus Ketua Fraksi Golkar, Setya Novanto, untuk memuluskan anggaran e-KTP.

Tapi dalam beberapa kesempatan, Setya Novanto bantah terlibat proyek e-KTP, serta mengaku tak kenal Irman dan Sugiharto. (one)

Hakim karir PN Surabaya Itong Isnaeni Hidayat ditangkap KPK

Hakim Itong Isnaeni Pernah Bebaskan Koruptor APBD Rp119 Miliar

Saat itu, Itong menjadi hakim di PN Tanjungkarang, Lampung. Ia merupakan hakim anggota yang mengadili kasus korupsi yang menjerat Bupati Lampung Timur bernama Satono

img_title
VIVA.co.id
20 Januari 2022