Kata Ridwan Kamil soal Penggalangan E-KTP untuk Pilgub Jabar

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.
Sumber :
  • Facebook.com/pg/Ridwan-Kamil

VIVA.co.id – Pencalonan Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 lewat jalur independen menjadi ancang-ancang Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. Bahkan, relawan pendukung saat ini tengah gencar menggalang e-KTP di beberapa daerah.

Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum Diprediksi Langgeng

Menurutnya, pencalonan independen menjadi rencana kedua karena dukungan partai yang dideklarasikan belum memberikan keyakinan kuat.

"Karena saya ini enggak yakin apakah dukungan partai ini cukup? Kan belum tahu. Jadi opsi independen pun, jika memang bisa dikejar, kenapa enggak," kata Ridwan Kamil di Bandung, Jawa Barat, Kamis 23 Maret 2017.

Pasangan Asyik Belum Mau Akui Keunggulan Rindu

Ridwan menyatakan, siap maju dalam pencalonan Pilgub Jabar dengan syarat kontrak politik dengan partai politik lebih dominan bahkan memberikan tugas partai. Pria yang akrab disapa Emil itu mengklaim, Partai Nasional Demokrat yang mendeklarasikan dukungan pada Minggu 19 Maret 2017, meminang tanpa mahar politik.

Tidak hanya itu, lanjut Emil, dalam ketidakpastiannya saat ini, akan lebih menerima pada tawaran yang tidak terlalu banyak tuntutan politik. "Lebih pada yang tidak banyak syarat. Kan Nasdem juga enggak ngasih banyak syarat dari sisi kepribadian," katanya.

Ridwan Kamil Akui Tak Ada Kemenangan Sebelum 9 Juli

Menurutnya, dengan tidak adanya tuntutan dari Partai Politik, akan lebih mematangkan kesiapannya dalam Pilgub Jawa Barat. "Kan dinamika politik masih jauh, tapi dengan tidak mahar, tidak masuk partai itu kan situasi yang pas buat saya," ujarnya.

Emil menyatakan, adanya gerakan penggalangan e-KTP oleh relawan untuk pencalonan jalur Independen di berbagai daerah, belum diketahui secara rinci. "Saya enggak tahu, saya enggak ikutan, enggak nyeting. Jadi saya juga lagi baca 'timarana wae nih' (dari mana aja nih). Ada yang dateng, bukan bikinan saya, bikinan mereka sendiri," katanya. (one)

Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil (kiri) dan Uu Ruzhanul Ulum (kedua kiri)

Tugas Khusus Ridwan Kamil untuk Uu Ruzhanul

Ridwan Kamil mengaku sudah buat daftar tugas Uu.di Jawa Barat.

img_title
VIVA.co.id
25 Juli 2018