PDIP Isyaratkan Usung Risma ke Jatim-1

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini alias Risma, di kantornya pada Kamis, 9 Februari 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan akan melakukan penjaringan nama kandidat yang diusung untuk Pemilihan Gubernur Jawa Timur, usai perhelatan putaran dua Pilkada DKI Jakarta.

Presiden PKS: Kekalahan Sudirman-Ida adalah Kekalahan Bermartabat

Kader partai akan diprioritaskan untuk diusung menuju kursi Jatim-1 seperti Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Parreira mengatakan, suara konstituen Jawa Timur, juga akan menjadi acuan partai.

SBY hingga Ketum Golkar Kirim Karangan Bunga Selamat untuk Khofifah

"Bu Risma, saat ini, tetap bertugas sebagai Wali Kota Surabaya. Sebagai kader partai, tentu beliau siap ditugaskan untuk jabatan dan posisi yang dikehendaki publik, serta sesuai penugasan partai," kata Andreas, saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis 23 Maret 2017.

Dijelaskan dia, proses penjaringan akan dimulai PDIP sekitar Mei 2017. Saat ini, PDIP masih fokus untuk memenangkan putaran dua Pilkada DKI.

Pakde Karwo: Quick Count Ganggu Pilkada

Untuk Pilgub Jatim, nantinya akan dibuka penjaringan melalui jalur DPD PDIP Jawa Timur. Setelah proses penjaringan, DPD Jatim akan berkoordinasi dengan DPP untuk menyaring kandidat.

"Biasanya, proses seperti itu. Tetapi, keputusan akan menjadi masukan DPP kepada Ketum yang diolah menjadi pertimbangan," lanjut Anggota Komisi I DPR itu.

Meski masih dihelat Juni tahun depan, namun PDIP sudah memanaskan mesin partai sebagai persiapan. Konsolidasi partai tingkat daerah dan ranting terus dilakukan. Target utama PDIP adalah bisa memenangkan Pilgub Jawa Timur.

"Konsolidasi tingkat grassroot di Jatim, berlangsung terus menerus. Setelah meraih kemenangan lebih dari 50 persen pada Pilkada serentak 2015, dan Kemenangan di Kota Batu, jadi satu-satunya di Pilkada 2017, PDIP bertekad merebut Jatim-1 di 2018," tuturnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya