Guru dan Tenaga Medis Gratis Naik Pesawat di Papua

Pesawat yang disiapkan gratis untuk guru dan tenaga medis di Papua
Sumber :
  • VIVA.co.id/Banjir Ambarita

VIVA.co.id – Untuk memenuhi pelayanan kesehatan dan pendidikan, khususnya di wilayah pedalaman dan daerah terpencil, pemerintah Kabupaten Yalimo Papua mengeluarkan kebijakan yakni menyiapkan transportasi pesawat gratis bagi para guru tenaga pengajar dan tenaga medis.
 
"Pendidikan dan kesehatan menjadi perhatian utama karena belum semua masyarakat Yalimo merasakannya akibat letak geografis yang sangat sulit, hanya bisa dijangkau dengan jalur udara. Maka kami mengeluarkan kebijakan menyiapkan pesawat gratis kepada guru dan tenaga medis agar bisa melayani ke pelosok terpencil," ujar Wakil Bupati Yalimo, Lekius Peyon, di Papua, Kamis 23 Maret.

Viral Penampakan Masjid dan Gereja Berada di Kedalaman 1.760 Meter Perut Bumi

Pesawat gratis, lanjutnya, akan mengangkut tenaga medis dan pengajar dari Elelim, Ibukota Yalimo, ke kampung-kampung yang ada guru dan puskesmasnya namun tenaga pelayanannya minim atau sama sekali tidak ada.

"Guru dan mantri yang diangkut dengan pesawat gratis akan melayani di sekolah maupun puskemas di kampung-kampung yang selama ini pelayanannya tidak jalan maksimal," kata dia.
 
Dia melanjutkan, dengan adanya angkutan pesawat gratis maka para guru dan tenaga medis diharapkan dapat melayani dengan maksimal.

Terpopuler: Bobby Nasution Tutup Klub Malam, TNI Tangkap Anggota KKB hingga Viral Pelaku Terorisme

Pesawat gratis yang disiapkan adalah jenis Caravan dengan kapasitas 9 penumpang, bekerja sama dengan maskapai Yajasi. Dengan pesawat gratis para guru dan mantri tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk berangkat ke pedalaman tempat pelayanannya sehingga tidak ada lagi alasan untuk tidak bekerja.

"Kami sudah siapkan pesawat, masa  beralasan lagi, tidak ada transportasi," paparnya.

Beredar Video Diduga Prajurit TNI Aniaya Warga di Papua, PGI Tuntut Investigasi Menyeluruh

Meski sudah menyiapkan pesawat gratis, namun ada aturan yang harus dipatuhi guru dan tenaga medis. Jika mereka tetap tidak berangkat kerja maka uang insentif akan dipotong untuk membayar subsidi pesawat.

"Kalau masih ada yang tidak pergi ke lokasi kerja, akan kena sanksi pemotongan insentif dan kalau dari hasil pemantauan sampai dua bulan meninggalkan tempat kerja, akan dipecat," katanya. (one)

Evakuasi anggota KKB yang tewas saat kontak tembak di Kali Brasa, Dekai, Kabupaten Yahukimo Papua Pegunungan.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Viral sebuah video yang dinarasikan oknum prajurit TNI diduga melakukan penganiayaan terhadap pria yang merupakan anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua di medi

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024