Besok, Jaksa KPK Akan Konstruksi Transaksi Suap e-KTP

Ilustrasi sidang kedua kasus Korupsi e-KTP menghadirkan saksi-saksi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Perkara korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) akan memasuki sidang ketiga dengan agenda keterangan saksi pada Kamis, 23 Maret 2017. Dalam persidangan nanti, jaksa penuntut umum KPK akan mengulik dugaan aliran dana proyek e-KTP kepada sejumlah anggota dewan.

Rektor UIN Jakarta Semprot Agus Rahardjo Soal e-KTP: Pak Agus Seharusnya Merespon Saat Itu

"Tentu saja hal itu perlu diklarifikasi lebih lanjut dalam proses persidangan yang ketiga, yang dilakukan besok," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu, 22 Maret 2017.

Selain itu, dalam persidangan besok, jaksa KPK juga akan coba mengkonstruksikan proses pemberian uang dugaan suap ke beberapa pihak. Pasalnya, tidak semua pemberian uang itu diketahui oleh dua terdakwa Irman dan Sugiharto.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

"Kami juga perlu memilah lebih lanjut, mana yang berasal dari keterangan saksi dan yang disampaikan ke terdakwa mengenai alokasi untuk pengurusan anggaran. Tapi, ada juga yang sudah mengalir ke sejumlah pihak tertentu itu," kata Febri.

Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA.co.id, sejumlah saksi yang akan dihadirkan jaksa pada persidangan besok adalah mantan Dirjen Administrasi Kependudukan Kemendagri, Rasyid Saleh, Kepala Bagian Perencanaan Kemendagri, Wisnu Wibowo, Pensiunan PNS Ditjen Dukcapil Kemendagri, Diah Hasanah, dan Kasubag Penyusunan Program Bagian Perencanaan pada Sesditjen Dukcapil Kemendagri, Suparmanto.

Ogah Jadi Hakim Moral, Alasan Prabowo Tak Cecar Ganjar soal Kasus Wadas hingga e-KTP Saat Debat

Kemudian dijadwalkan ada mantan Menpan RB, Taufiq Effendi dan Miryam Haryani selaku anggota Fraksi Hanura yang akan diminta keterangan sebagai saksi. (ase)

Cara membuat KTP digital

INFOGRAFIK: Cara Buat KTP Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan rencana penggantian e-KTP fisik dengan KTP Digital atau disebut dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2023