TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Lagi, Penumpang di Bandara Kualanamu Mengaku Bawa Bom

Kejadian ini bukan pertama kali.
Lagi, Penumpang di Bandara Kualanamu Mengaku Bawa Bom
Aktivitas di Bandara Kualanamu di Medan, Sumatera Utara. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

VIVA.co.id – Petugas keamanan Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, mengamankan seorang calon penumpang Wings Air yang mengaku membawa bom pada barang bawaannya, Senin, 20 Maret 2017.

Calon penumpang tersebut bernama Agung Susanto (34). Dia merupakan calon penumpang Wings Air dengan nomor penerbangan IW 1240 jurusan Kualanamu-Lasikin, Sinabang, Aceh.

"Yang bersangkutan (Agung) diamankan karena bercanda dengan mengatakan membawa bom ketika ditanya isi barang bawaannya oleh pramugari di dalam pesawat," tutur Branch Communication and Legal Manager Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setianto kepada VIVA.co.id, Senin malam, 20 Maret 2017.

Meski dalam keadaan bercanda, awak pesawat melaporkan kepada petugas keamanan otoritas Bandara Kualanamu. Kemudian, Agung menjalani pemeriksaan oleh petugas keamanan.

"Bom jokes merupakan bentuk candaan yang serius, maka awak pesawat tersebut melaporkan hal tersebut kepada Avsec dan selanjutnya bersangkutan (Agung) diturunkan beserta barang bawaannya," ujar Wisnu.

Akibat pemeriksaan itu berdampak pada penerbangan yang ditunda sampai 10 menit guna pemeriksaan ulang seluruh penumpang dan barang bawaan dalam pesawat tersebut. 

Wisnu menambahkan, untuk penumpang yang mengakui membawa bom ini, akhirnya batal terbang. Dia diserahkan kepada petugas Kepolisian untuk proses pemeriksaan. "Untuk bersangkutan diserahkan ke Polres Deli Serdang untuk dimintai keterangan dan mempertanggungjawabkan perbuatannya," katanya.

Aksi bom jokes ini bukan sekali terjadi di Bandara Kualanamu. Sebelumnya, penumpang Garuda Indonesia sepekan lalu juga mengaku membawa bom. Penumpang tersebut juga bertujuan ke Aceh. (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP