TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Luncurkan Kalender Event Danau Toba, Targetkan 1 Juta Turis

Ada 15 event yang akan digelar mulai tahun 2017. Intip daftarnya.
Luncurkan Kalender Event Danau Toba, Targetkan 1 Juta Turis
Danau Toba

VIVA.co.id – Menteri Pariwisata Arief Yahya menargetkan satu juta wisatawan yang akan mengunjungi Sumatera Utara hingga tahun 2019 mendatang. Hal ini diungkapkan saat peluncuran calendar of events Pariwisata Danau Toba 2017. 

"Sekarang seperti dilaporkan baru 230 ribu, dia akan merangkak terus selama kita tidak mempunyai fasilitas internasional. Jadi mungkin baru akan ada lompatan hingga akhirnya satu juta itu tahun 2019," kata Arief saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Senin malam, 20 Maret 2017. 

Arief mengatakan, target satu juta turis tersebut baru akan tercapai jika beragam infrastruktur pendukung seperti bandara internasional dan juga jalan penghubung telah selesai dibangun. 

"Itu hanya mungkin terjadi kalau Bandara Sangit menjadi bandara internasional. Kalau tol dari Kualanamu ke Parapat ke Danau Toba sudah selesai. Jadi tol baru selesai tahun 2019. Tapi itu baru selesai kalau infrastruktur ke Kualanamu sudah selesai," kata Arief.

Di samping itu, Arief juga menyampaikan, jika ingin menggelar sebuah acara berstandar internasional, mulai persiapan, hingga pengisi acara juga mesti memiliki standar internasional.  

"Presiden berkali-kali mengatakan event internasional maka koreografernya harus nasional atau internasional, komposer dan arranger-nya harus nasional, desainer baju harus nasional," kata dia. 

Usaha untuk mengembangkan pariwisata hingga akhirnya mendatangkan wisatawan juga mesti dilakukan secara terus-menerus. 

"Seperti dalam fashion, ulos itu tidak hanya menjadi selendang tapi juga menjadi fashion dan itu harus dikomersialkan oleh karena itu nanti akan mendapat bantuan Bekraf untuk packaging dan desainnya," kata dia.

Sebagai informasi, ada 15 kegiatan yang diluncurkan pada calendar of events Pariwisata Danau Toba 2017. Arief merinci bahwa sembilan di antaranya ialah event budaya, empat di antaranya musik dan fesyen, dan empat event lainnya ialah wisata olahraga atau sport tourism.

Adapun rinciannya ialah Coffee Festival Toba,  Soposurung Art Festival, Pesta Bunga dan Buah, Festival Gondang Sabangunan, Toba Nauli Photo Contest & Exhibition, International Toba Kayak Marathon, Paralayang, Toba Granfondo, Toba Rock, Karnaval Pesona Danau Toba, Pesta Oang-oang, Kabupaten Pakpak Bharat, Festival Danau Toba, Pesta Budaya Njuah-Njuah Pesta Rondang Bittang,  ExCOTISM T.O.B.A. BLUE, Toba Trail Run 2017 dan Samosir Jazz Seasons.  (ase)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP