TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Istana Terima Wakil Petani Kendeng yang Menyemen Kakinya

Mereka didampingi Koordinator Kontras Haris Azhar.
Istana Terima Wakil Petani Kendeng yang Menyemen Kakinya
Perwakilan petani Kendeng, Rembang, di Istana Negara, Senin, 20 Maret 2017. (VIVA.co.id/ Agus Rahmat.)

VIVA.co.id - Tiga petani Pegunungan Kendeng, Rembang, Jawa Tengah, yang melakukan aksi semen kaki sebagai protes eksploitasi kawasan itu untuk pabrik semen diterima Istana Negara, Senin, 20 Maret 2017. Didampingi Koordinator Kontras Haris Azhar, para petani yang datang menggunakan mobil itu, diterima Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Senin sore.

Turun dari mobil, petani yang menyemen kakinya itu dibawa menggunakan troli menuju Gedung KSP. Mereka langsung dibawa ke ruangan pertemuan.

Sebelumnya, sebelas petani asal Gunung Kendeng, Jawa Tengah, dari kelompok kontra pembangunan pabrik semen kembali menggelar aksi cor kaki di depan Istana Merdeka, Jakata Pusat, Selasa 14 Maret 2017. Aksi dilakukan untuk memprotes tindakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menerbitkan izin lingkungan baru bagi PT. Semen Indonesia.

Aksi tersebut juga merupakan lanjutan dari aksi yang sama pada tahun lalu. Pada Selasa 12 April 2016, sembilan perempuan asal Rembang, Jawa Tengah, melakukan aksi mengecor kaki dengan semen di depan Istana Negara, Jakarta.

Aksi pada April tahun lalu itu selesai setelah perwakilan Presiden Joko Widodo mau bertemu mereka. Perwakilan Presiden yang menemui para petani adalah Kepala Staf Presiden, Teten Masduki, dan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Diketahui, mereka menuntut Pegunungan Kendeng Utara dibebaskan dari pabrik semen yang didirikan PT Semen Indonesia yang kian hari kian menghabisi lahan mata pencaharian mereka sebagai petani.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP