NasDem Jabar: Di Survei Internal, Ridwan Kamil Lebih Unggul

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Partai NasDem resmi mengusung Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, untuk maju ke Pilkada Jawa Barat, tahun depan. Ketua DPW NasDem Jawa Barat, Saan Mustopa mengatakan, dalam survei internal partai, nama Ridwan Kamil lebih unggul dibandingkan nama-nama kandidat lain.

Minta Dukungan Nasdem-PKS untuk 2024, Edy: Tak Ada Niat Curi Start

Menurut dia, sebelum memutuskan mendeklarasikan terhadap Ridwan Kamil, Nasdem mencermati semua calon yang ada.

"Kami lakukan survei internal dengan mencermati, mengkomparasikan, komparasikan semua calon, seperti Dedi Mizwar, Dede Yusuf. Harus diakui, Ridwan Kamil memang lebih unggul," kata Saan, saat dihubungi VIVA.co.id, Senin 20 Maret 2017.

Surya Paloh Sebut Tak Ada Alasan Jokowi untuk Reshuffle Kabinet

Dikatakan dia, mengusung Ridwan Kamil bukan karena, lantaran mantan arsitek itu populer. Namun, karena komitmen NasDem dalam politik tanpa mahar. Hal ini dirasakan sendiri oleh Saan, saat diusung koalisi Partai NasDem, Partai Gerindra, dan Partai Golkar di Pilkada Karawang, 2015 lalu.

"Politik tanpa mahar, bukan karena Ridwan Kamil populer, tetapi karena kami komitmen terhadap hal tersebut. Kami akan terus lakukan dalam setiap dukungan-dukungan," lanjut mantan politisi Demokrat tersebut.

Airlangga dan Surya Paloh Singgung Airin-Sahroni, Duet Pilkada DKI?

Selain itu, Ridwan Kamil juga sudah teruji selama memimpin kota Bandung. Kesuksesan serta elektabilitas Ridwan menjadi pertimbangan Partai NasDem untuk menjadikan Jawa Barat lebih baik.

"Kita memahami Ridwan Kamil suskes memimpin Bandung. Sejauh ini, kesuksesan dia telah dibuktikan dengan beberapa penghargaan seperti kepala daerah teladan, penghargaan dari Komnas HAM dan lainnya," tuturnya.

Saan juga menyebut, Ridwan Kamil sebagai pemimpin yang visioner dan memiliki komitmen yang tinggi terhadap pluralisme.

"Kami yakin, Riwan Kamil akan menjadi pemimpin yang menciptakan kebhinekaan di Jawa Barat. Dia memiliki komitmen yang tinggi terhadap pluralisme," katanya.

Terkait koalisi, Saan mengatakan, akan melakukan koalisi dengan partai pendukung pemerintah. Selain itu, akan terus berkomunikasi untuk menggalang dukungan.

"Tentu, kami akan melakukan koalisi, sembari terus berkomunikasi dan terus menggalang dukungan. Saya harap, yang lain juga sama ingin Jawa Barat yang maju di bawah kepemimpinan RIdwan Kamil," ungkapnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya