Rumah Warga di Cisewu Tertimbun Longsor Tebing

Tanah longsor di Cisewu, Garut.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat

VIVA.co.id – Bencana tanah longsor kembali terjadi, di Garut, Jawa Barat. Sebuah rumah di Kampung Tutugan, Desa Sukajaya, Kecamatan Cisewu, tertimbun material longsor, Minggu, 19 Maret 2017. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Pemilik rumah berhasil menyelamatkan diri.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Udin (40), pemilik rumah mengaku bahwa Minggu sore, hujan lebat kembali turun. Ia bersama keluarga saat itu sedang di dalam rumah. Terdengar suara gemuruh yang diikuti berjatuhannya bebatuan kecil di sekitar rumah dari tebing setinggi 80 meter.

"Jadi saat bebatuan mulai berjatuhan, kami segera meninggalkan rumah. Tak lama kemudian longsor terjadi dan menimbun rumah kami," ujarnya, Minggu, 19 Maret 2017.

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

Hingga saat ini tidak ada upaya evakuasi terhadap rumah yang tertimbun tanah longsor karena kondisi gelap. Dipastikan tidak ada korban jiwa karena sebelum longsor, pemilik rumah sudah meninggalkan rumah.

"Alhamdulillah, tidak ada korban, karena saya dengan keluarga lagi pada di luar pas longsor itu," ujar pemilik rumah Udin.

Tanah Longsor di China, 47 Orang Terjebak di Runtuhan Bangunan

Sementara itu, Camat Cisewu mengatakan bahwa pemandangan longsor memang sudah biasa. Saat turun hujan lebat sering terjadi longsor namun skalanya kecil. Walaupun terbiasa dengan bencana tanah longsor, pihaknya mengimbau warga untuk tetap waspada.

"Kami sudah mengimbau warga agar tetap tenang tapi waspada," katanya singkat. (ase)

Dampak Banjir Bandang di Pesisir Selatan

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Kepala BNPB Suharyanto mengatakan data terakhir bencana banjir dan longsor di Sumatera Barat, sebanyak 30 orang dinyatakan meninggal dunia dan 6 hilang

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024