Soal Cawagub, Surya Paloh: Terserah Ridwan Kamil

Surya Paloh.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Surya Paloh, menilai penetapan calon wakil gubernur Pilkada Jabar 2018 diserahkan sepenuhnya kepada bakal calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil: Covid-19 Penyakit Orang Kota

Menurutnya, Ridwan Kamil mempunyai kewenangan penuh untuk menetapkan, siapa calon wakil baik dari perorangan maupun kader partai.

"Itu terserah dialah. Yang (mau) jadi gubernur kan Kang Emil. Nanti Kang Emil pikir-pikir kapan waktunya," kata Surya, Minggu, 19 Maret 2017.

Ridwan Kamil Setop PSBB di Jawa Barat, Kecuali Bodebek

Yang menjadi perhatian Partai Nasdem selaku pengusung, yaitu persiapan koalisi partai untuk memperkuat suksesi. Bahkan, menurutnya, komunikasi politik dengan beberapa partai sudah dijalankan.

Surya Paloh mengklaim, dalam proses pengusungan Wali Kota Bandung itu menjadi cagub oleh Partai Nasdem, akan mampu menarik minat partai lain untuk berkoalisi.

Ridwan Kamil Tawarkan Proyek Investasi di Jabar Rp700 Triliun

"Oh ya sudah tentunya, tapi tidak disebutkan pada hari ini. Saya yakin sekali akan banyak kawan-kawan partai politik yang mempunyai aspirasi yang sama untuk memberikan dukungan kepada Emil," ucapnya.

Ridwan Kamil resmi dipinang Partai Nasdem menjadi calon Gubernur dalam Pilkada Jawa Barat 2018.

Pengusungan calon tersebut diresmikan dengan penyerahan secara langsung rekomendasi politik oleh Ketua DPW Nasdem Jawa Barat Saan Mustofa kepada Ridwan Kamil di hadapan Ketua Umum Surya Paloh.

Dalam deklarasinya, Surya Paloh memberikan tiga syarat kepada Ridwan Kamil, yaitu agar Jawa Barat dijadikan sebagai benteng Pancasila yang melindungi masyarakat. Kedua, Ridwan kamil harus menjadi milik seluruh rakyat dan seluruh partai politik.

Ketiga, Ridwan Kamil harus mampu mengkonsolidasikan roda pemerintahan dengan membawa peran masyarakat untuk memahami arti pembangunan Nasional. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya