Gempa Tasikmalaya Terasa di Garut, Warga Berhamburan Keluar

Seismograf, alat pencatat pergerakan gempa bumi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rudi Mulya

VIVA.co.id – Gempa bumi mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu, 18 Maret 2017 malam. Goncangan gempa yang diduga berpusat di Tasikmalaya itu terasa sekitar 20 detik.

Tasikmalaya Diguncang 2 Kali Gempa, Warga Panik Berhamburan Keluar Rumah

Sejumlah warga mengaku merasakan gempa. Mereka sempat keluar rumah lantaran khawatir gempa terus terjadi dan semakin besar. "Ya kami kaget, gempa sangat terasa bahkan kami sekeluarga keluar rumah," ujar Wahid (39), warga Kecamatan Garut Kota.

Terpantau di Gedung Pendopo Garut, keluarga dan pegawai di rumah dinas orang nomor satu di Garut itu juga sempat kaget dan keluar rumah. "Ya, memang kami sempat keluar ruangan karena gempanya cukup terasa kencang," ujar Dharma Gunawan, seorang keluarga Bupati Garut, Rudy Gunawan.

Cegah Corona, 500 Alat Semprot Disinfektan Elektrik Dibagikan di Garut

Menurut Dharma, berdasarkan informasi sementara belum ada laporan kerusakan bangunan. Dari sejumlah informasi gempa hampir dirasakan di seluruh wilayah Kabupaten Garut. "Memang terasa hampir merata di seluruh wilayah Garut, " katanya. 

Kehadiran gempa itu juga ramai dibicarakan di media sosial. Sejumlah netizen mengaku merasakan ada gempa bumi. Walaupun tak berlangsung lama namun gempa bumi membuat mereka khawatir.

Jumlah ODP Corona di Kabupaten Garut Bertambah 4 Orang

"Aduh saya sampai gemetaran " kata salah seorang netizen menulis di media sosial, Sabtu, 18 Maret 2017.

Gempa  bumi berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR) menguncang Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu, 18 Maret 2017, pukul 23.56 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyebutkan, pusat gempa berada di lokasi 61 kilometer Barat Daya Tasikmalaya, Jawa Barat. Gempa berpusat di koordinat 8.13 Lintang Selatan dan107.86 Bujur Timur.

Pusat gempa yang berada di kedalaman 10 km itu tidak berpotensi tsunami.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya