Emil: Hasyim Muzadi Kyai Kharismatik Pembela Toleransi

Pemakaman KH Hasyim Muzadi, 16 Maret 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, turut merasa kehilangan atas wafatnya mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Kyai Haji Hasyim Muzadi.

Anak KH Hasyim Muzadi, Iis Dahlia, hingga Artis Ribet Versi Ernest

"Saya sangat kehilangan sosok kyai kharismatik yang membela toleransi," kata Ridwan di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Kamis 16 Maret 2017.

Pejabat yang biasa disapa Kang Emil itu terkesan saat Kyai Hasyim memimpin NU, organisasi Islam terbesar di Indonesia. Ini luar biasa.

NU: Gus Hilman Mirip KH Hasyim Muzadi

"NU ini, istilah Gus Dur, ‘satpamnya’ Republik gitu. Jadi, kalau ada krisis, NU di depan membela NKRI dalam keislamannya NU," kata Emil.

Atas wafatnya Hasyim, Emil berharap semoga ada regenerasi meneruskan perjuangan dan pemikirannya untuk bangsa Indonesia ke depan.

Sosok Putra KH Hasyim Muzadi yang Tewas Kecelakaan

"Jadi mudah-mudahan kita bisa meneladani, diterima iman Islamnya dan keluarga besar muslim Indonesia mudah-mudahan bisa meneladani," kata dia. (ren)

Ganjar Pranowo di Ponpes Al-Hikam, Malang Jawa Timur

Silaturahmi ke Keluarga Hasyim Muzadi, Ganjar Pranowo: Pak Hasyim Memberi Banyak Ilmu ke Saya

Ganjar Pranowo, mengunjungi Pondok Pesantren Al-Hikam, di Lowokwaru, Kota Malang Jawa Timur pada Jumat 13 Oktober 2023. Ini adalah pondok yang didirikan KH Hasyim Muzadi.

img_title
VIVA.co.id
13 Oktober 2023