Megawati Hadir Saat Upacara Persemayaman KH Hasyim Muzadi

Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri saat penyambutan jenazah Hasyim Muzadi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anwar Sadat

VIVA.co.id – Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menyambut langsung kedatangan jenazah dan upacara secara militer bagi almarhum KH Hasyim Muzadi, di Pangkalan Udara TNI AU, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Silaturahmi ke Keluarga Hasyim Muzadi, Ganjar Pranowo: Pak Hasyim Memberi Banyak Ilmu ke Saya

Jenazah tiba di Halim pukul 14.45 WIB menggunakan pesawat TNI AU A-1303. Bertindak selaku inspektur upacara mewakili negara adalah Mensesneg Pratikno.

Hadir menyambut jenazah almarhum KH Hasyim selain Megawati antara lain Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Mensesneg Pratikno, Mendagri Tjahjo Kumolo, dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Hadir juga calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat dalam upacara tersebut.

Anak KH Hasyim Muzadi, Iis Dahlia, hingga Artis Ribet Versi Ernest

Adapun dari pihak keluarga di antaranya yang turut dalam upacara persemayaman di antaranya istri almarhum, Hj Muthamimah, KH Sholahuddin Wahid (Gus Sholah), dan puluhan dari perwakilan keluarga.

Upacara persemayaman dimulai dengan prosesi penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada inspektur upacara yang mewakili pemerintah. Upacara persemayaman dilakukan secara militer.

NU: Gus Hilman Mirip KH Hasyim Muzadi

Dalam sambutannya, Pratikno selaku inspektur upacara meminta seluruh rakyat Indonesia mendoakan almarhum KH Hasyim Muzadi agar diterima di sisi Tuhan. Dan kepada pihak keluarga, Pratikno meminta agar tabah, tawakal, dan ikhlas.

"Saya atas nama pemerintah dan yang hadir di sini menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya almarhum. Marilah kita panjatkan doa. Semoga segala kesalahan dan kekhilafan Beliau dapat diampuni dan amal baktinya dapat diterima Allah Swt. Semoga keluarga yang ditinggalkan dapat menerima dengan tabah dan ikhlas," kata Pratikno

Pukul 15.11 WIB, upacara persemayaman selesai, dan kendaraan pengangkut jenazah yang diiringi perwakilan keluarga beranjak menuju pemakaman. Sebelum jenazah diberangkatkan, Megawati dan para tamu menyalami keluarga almarhum seraya menyampaikan ucapan belasungkawa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya