TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Jet Tempur TNI yang Terbalik Dievakuasi Pakai Alat Khusus

Pesawat itu sudah di hanggar dan segera diinvestigasi.
Jet Tempur TNI yang Terbalik Dievakuasi Pakai Alat Khusus
Pesawat TNI AU tergelincir. (Istimewa)

VIVA.co.id - Otoritas Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin di Pekanbaru, Riau, melaporkan bahwa jet tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara yang tergelincir Selasa kemarin sudah dievakuasi. Proses evakuasi dilakukan sejak Selasa malam dan selesai pada pukul 02.00 WIB, Rabu, 15 Januari 2017.

Evakuasi dilakukan dengan hati-hati sesuai prosedur. Ada alat khusus yang dikerahkan untuk membawa pesawat yang posisinya terbalik di luar landasan pacu itu ke hanggar.

"Evakuasi menggunakan crane untuk membantu evakuasi," kata Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Roesmin Nurjadin, Mayor Sus Rizwar, kepada VIVA.co.id.

Pesawat tempur buatan Amerika Serikat itu di hanggar dan segera diinvestigasi oleh tim khusus TNI Angkatan Udara. "Seperti disampaikan Danlanud (Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama TNI Henri Alfiandi) tadi malam, nanti ada tim investigasi."

Terbalik

Pesawat tempur F-16 tipe TS 1603 milik TNI Angkatan Udara tergelincir hingga terbalik di ujung landasan pacu Lanud Roesmin Nurjadin pada pukul 17.25 WIB, Selasa, 14 Maret 2017.

Kapten pilot dan kopilot pesawat bagian dari Skuadron Udara 16 itu, Mayor Penerbang Andri dan Letnan Satu Penerbang Marko, selamat dalam insiden tersebut.

Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI Jemi Trisonjaya, kecelakaan itu disebabkan tidak bekerjanya fungsi rem pesawat saat mendarat.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP