Biaya Haji 2017 Diumumkan Pekan Depan

Jamaah haji saat berada di Hijir Ismail
Sumber :
  • Reuters/Ahmed Jadallah

VIVA.co.id – Kementerian Agama segera mengumumkan besaran biaya penyelenggaraan ibadah haji tahun 2017. Besaran biaya haji biasanya akan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Pembiayaan haji ini mencakup tiga hal penting, yaitu pembinaan, pelayanan dan perlindungan.

Cerita Pilu Istri dari YouTuber Palestina, Lebaran Malah Jadi Tahanan Kota

Seperti disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin, kemungkinan besaran biaya haji akan disampaikan kepada publik pekan depan. Pengumuman dilakukan setelah dilakukan rapat antara Kementerian Agama, dan instansi terkait seperti Komisi VIII DPR RI.

"Kita akan segera umumkan, mudah-mudahan minggu depan sudah final berapa biaya yang akan diputuskan," ujar Lukman di Hotel Aryaduta, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa, 14 Maret 2017.
Isu Dana Haji Dipakai untuk Bikin Infrastruktur, DPR: Semua Itu Tidak Benar
 
Namun, saat ditanya jumlah besaran dana haji yang saat ini telah masuk rumusan, Lukman mengaku belum mengetahui secara final. Menurutnya keputusan jumlah final akan diketahui secara pasti setelah diumumkan. "Belum final, saya juga belum hafal besarannya," katanya.
Jokowi Ingatkan BPKH agar Hati-hati Kelola Dana Haji yang Besar

Pembiayaan penyelenggaran haji berasal dari jemaah haji yang disetorkan melalui bank-bank pemerintah dan atau swasta yang telah ditunjuk pemerintah.

Besaran BPIH biasanya bervariasi setiap tahunnya, sesuai dengan nilai tukar valuta asing dan kondisi perekonomian. Penetapan BPIH atas usulan menteri agama setelah mendapat persetujuan dari DPR RI. Dana ini selanjutnya akan digunakan untuk keperluan penyelenggaraan ibadah haji.

Selain nilai tukar rupiah, komponen lain yang biasanya menjadi tolak ukur besaran BPIH adalah biaya penerbangan pulang dan pergi, biaya operasional di Arab Saudi.

 
 
 
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya