Pesan Panglima TNI ke Komandan Pengawal Jokowi yang baru

Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo (tengah).
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA.co.id – Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden dari Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono ke Brigjen TNI (Mar) Suhartono di Mako Paspampres, Jalan Tanah Abang II, Jakarta Pusat, Selasa 14 Maret 2017.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Dalam amanatnya, Gatot mengatakan, sertijab merupakan bagian dari pembinaan organisasi dalam meningkatan dinamika, kapasitas, kualitas kinerja sesuai dengan peran dan tugas pokok dan fungsi.

"Tugas pokok dan fungsi Paspampres adalah pengamanan fisik langsung jarak dekat kepada Presiden, Wakil Presiden, mantan Presiden, dan mantan Wakil Presiden beserta keluarganya, tamu negara, dan objek VVIP (Very Very Important Person)," Kata Gatot di Mako paspampres,.

Mengenal 2 Sosok Jenderal TNI Bintang 4 yang Masih Aktif Betugas

Menurut Gatot, menjadi Paspampres merupakan tugas yang mulia. Karena itu, tugas Paspampres harus dijalani dengan sungguh-sungguh, tulus, berani, dan penuh rasa tanggung jawab. Paspampres melindungi keselamatan jiwa raga Presiden dan Wakil Presiden yang merupakan simbol negara.

"Sebagai simbol negara, maka perlu pengamanan khusus. Pengamanan terhadap Presiden mencerminkan keamanan suatu bangsa," ujarnya

18 Jenderal Bintang 2 Dimutasi Panglima TNI di Akhir Maret 2024

Paspampres yang memiliki semboyan setia waspada, menurut Gatot, hal tersebut harus mampu diaplikasikan selama menjalankan tugas. Setiap Paspampres harus setia kepada bangsa dan selalu waspada dalam menjalankan tugas. Paspampres juga dituntut untuk dapat menjalankan tugas tanpa kesalahan sedikit pun.

"Saya yakin dan percaya, Paspampres penuh dengan pengalaman, terus bergerak secara dinamis, seiring perkembangan lingkungan," kata Gatot

Sebagai penutup amanat, Gatot mengucapkan terima kasihnya kepada komandan Paspampres lama Mayjend TNI (Mar) Bambang Suswantono atas dedikasi, pengabdian, dan loyalitasnya. 

"Kepada pejabat baru, Brigjen TNI Suhartono, segera integrasikan diri dengan tugas yang baru, agar dapat terus dipelihara dan ditingkatkan," ujarnya

Upacara ini dihadiri Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Mulyono, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi, Jubir Presiden Johan Budi, dan para pejabat lainnya dilingkungan TNI Polri. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya