TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Mengapa Unggahan Ridwan Kamil Ini Dikecam Netizen?

Sejauh ini, unggahan itu masih tetap di laman Instagram miliknya.
Mengapa Unggahan Ridwan Kamil Ini Dikecam Netizen?
Unggahan foto seleberitis Thailand Punpun Sutatta yang diunggah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sebelum diubah karena mendapat protes netizen, Senin (13/3/2017) (VIVA.co.id/Instagram@ridwankamil)

VIVA.co.id – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menuai kritik tajam dari netizen, usai mengunggah foto selebritis Thailand Punpun Sutatta.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini pun, bahkan dicap memperkuat sikap transphobia dan kebencian terhadap kelompok Lesbian, Gay, Biseks, dan Transgender (LGBT).

Lalu, di mana masalahnya? Penelusuran VIVA.co.id, foto yang diunggah Kang Emil pada Senin 13 Maret 2017, ini sejatinya merupakan foto akun instagram @andrie_by.a.

Pemilik akun ini sepertinya adalah orang Indonesia yang menyediakan layanan perjalanan liburan ke Thailand.

Namun, foto artis cantik Thailand itu disertakan catatan kaki yang menggelitik, namun memang terkesan sarkasme. "Dapat salam dari artis Thailand. Semoga ia bukan lelaki," tulis Kang Emil di awal postingannya.

Ridwan Kamil Instagram

FOTO: Unggahan foto Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sebelum diedit ulang usai dikecam netizen/Instagram@ridwankamil

Tak pelak, kalimat "Semoga ia bukan lelaki" itu pun langsung menuai reaksi. Apa yang dilontarkan Wali Kota Bandung itu menyengat dan dianggap memperkuat penyebaran ketakutan terhadap kaum transgender, atau transphobia.

"i know its a joke, but its not a good joke at all.. kalo nyinggung perasaan org emangnya masih bisa dibilang candaan normal? i know he's alr apologize but still a joke about transgen isn't funny," tulis akun bernama t.rroushyeah.

Akun lainnya bernama @ndhfs menuliskan, "STOP NORMALIZING TRANSPHOBIC JOKE. entah sengaja ataupun tidak, a transphobic joke is still a bad joke and it hurts people. ridwan kamil is Cancelled. smh."

Tak lama setelah unggahan itu menjadi perdebatan keras di laman komentar Ridwan Kamil, pria kelahiran 4 Oktober 1971 itu pun menyadarinya.

Karena itu, selang beberapa waktu kemudian, Kang Emil meng-edit ulang catatan kaki foto yang telah diunggahnya tersebut.

Emil pun menggantinya dengan tulisan, "Dapat salam dari artis Thailand. terima kasih untuk @punpun_sutatta (mohon maaf untuk posting sebelumnya, jika multi tafsir)"

Sejauh ini, unggahan itu masih tetap di laman Instagram milik Ridwan Kamil. Foto selebritis cantik itu pun mendapatkan lebih dari 145 ribu suka dan lebih dari 7.200 komentar netizen. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP