Alasan Raja Salman Cari Cucu Soekarno di Istana Bogor

Raja Salman foto bersama dengan Presiden Joko Widodo, Megawati dan Puan Maharani, di Istana Bogor, Kamis, 2 Maret 2017.
Sumber :
  • Biro Pers Istana.

VIVA.co.id – Sosok Presiden Pertama Indonesia, Soekarno, memang sangat dikenal di seluruh dunia. Bahkan dikenang oleh Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud.

Museum Kepresidenan RI Gelar Walking Tour Gratis

Pidato Soekarno yang menggebu-gebu dan sering menyebutkan kata saudara-saudara yang paling diingat Raja Salman. Kedatangan Raja Salman ke Jakarta, awal Maret lalu, dijadikan kesempatan Raja untuk bertemu dengan cucu Soekarno.

Namun, di balik pertemuan itu ada kisah yang menarik. Hal itu yang diungkapkan penerjemah Arab Saudi untuk Indonesia, Muchlis M Hanafi, saat berbincang di tvOne.

Raja Salman Ucapkan Selamat ke Prabowo jadi Presiden Terpilih: Semoga Sukses

Menurut Muchlis, peristiwa itu bermula saat Menteri Sekretaris Negara memperkenalkan semua menteri saat pertemuan bilateral antara Pemerintahan Arab Saudi dengan Pemerintah Indonesia di Istana Bogor, 1 Maret 2017 lalu.

Ketika memperkenalkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani, Muchlis menambahkan kata cucu Presiden Soekarno, ke Raja Salman.

Sosok Jenderal M Jusuf, Panglima ABRI yang Bikin Soeharto Ketar-ketir Gegara Kalah Pamor

"Mbak Puan, salah satu cucu Soekarno, Baginda. Jadi memang saya yang menambahkan sendiri, bukan beliau yang tahu langsung," ucap Muchlis, Senin, 13 Maret 2017.

Muchlis menambahkan, Raja Salman tidak mengetahui jika cucu Soekarno menjadi salah satu menteri di Indonesia.

"Beliau tidak tahu jika Mbak Puan itu cucu Soekarno dan masuk kabinet Pak Jokowi. Setelah perkenalan resmi para menteri, akhirnya Raja menanyakan ke Pak Jokowi, mana itu cucu Soekarno. Kemudian dipanggillah Mbak Puan untuk bertemu Raja," kata dia.

Setelah bertemu dengan Puan Maharani kembali, Raja Salman menyampaikan kekaguman dengan sosok Soekarno.

"Kakek kamu sering ucapkan saudara-saudara, itu yang saya ingat soal Soekarno," kata Muchlis menirukan ucapan Raja Salman.

Selanjutnya, Raja pun berjanji untuk bertemu kembali dengan Puan berserta Megawati Soekarnoputri di Istana Merdeka usai dari Bogor. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya