Cerita soal Raja Salman yang Selalu Didekati 'Saudara Setan'

Raja Salman bersama Presiden Jokowi saat berada di Istana Merdeka.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud, ternyata tidak suka satu hal selama dia berada di Indonesia 4-12 Maret 2017. Itu terungkap saat penerjemah bahasa Arab ke Indonesia mengartikan omongan Raja usai menghadiri acara pejabat negara yang terbuka secara umum.

Raja Salman Gelontorkan Rp12,5 Triliun untuk THR Fakir Miskin hingga Pengangguran di Saudi

"Usai pertemuan, pasti ada fotografer yang selalu mengambil moment tertentu. Dengan bahasa Arab, Raja mengatakan jika fotografer itu 'saudara setan.' Sebab dari beberapa ulama di sana mengartikan jika fotografer itu haram," ucap Muchlis M Hanafi, penerjemah RI yang ditunjuk untuk mengartikan ucapan Raja Salman selama di Indonesia, saat berbincang di tvOne, Senin, 13 Maret 2017.

Ketika mendengar ucapan itu, Muchlis agak kebingungan. Sebab, apapun ucapan yang keluar dari mulut Raja, harus diartikan ke Presiden Joko Widodo yang ketika itu berada di antara mereka.

Wow, Raja Salman Sumbang 20 Ton Kurma dan 50 Alquran untuk Umat Muslim di Indonesia

Muchlis kemudian mengartikan secara mendalam maksud Raja mengucapkan saudara setan itu. Dia mengaku, hal itu sangatlah tidak pantas diucapkan ke Jokowi. Namun, ketika dia ingat sosok sang raja yang sangat humoris, akhirnya dia menyampaikan dengan bijaksana ke Jokowi.

"Saya bilang ke Pak Presiden, Raja bercanda dan bilang jika fotografer itu saudara setan. Raut muka Pak Jokowi saat itu tidak marah, hanya senyum lebar," kata Muchlis.

Raja Salman Salurkan Bantuan Pangan Ramadhan di Indonesia

Diketahui, aktivitas Raja Salman dan rombongannya selama di Jakarta dan Bali tak luput dari perhatian media massa dan warga. Raja Salman diketahui berada di Jakarta selama tiga hari dilanjutkan berlibur di Bali hingga sembilan hari lamanya. (ren)

VIVA Militer: Raja Salman bin Abdulaziz.

Raja Salman Ucapkan Selamat ke Prabowo jadi Presiden Terpilih: Semoga Sukses

Raja Salman Arab Saudi,Salman bin Abdulaziz Al-Saud, memberikan ucapan selamat untuk presiden terpilih Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam Pemilu presiden Indonesia

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024