Dianggap Institusi Terkorup Kelima, ini Respons Polri

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Polisi Rikwanto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id – Hasil survei dari Transparancy International Indonesia atau TII terkait Global Coruption Barometer mengungkapkan Kepolisian Republik Indonesia masuk dalam urutan kelima lembaga negara yang terkorup di Tanah Air. Bagaimana reaksi Markas Besar Polri?

Keliling Pasar di Jatim, Satgas Pangan Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Polisi Rikwanto, justru menghargai hasil survei itu. "Kita apresiasi tim survei dan memang Polri telah berupaya melakukan beberapa hal agar tumbuh ke depan jadi semakin baik dan dicintai masyarakat," kata Rikwanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 9 Maret 2017.

Menurut Rikwanto, pembenahan di lingkungan Korps Bhayangkara ini seperti halnya peningkatan kesejahteraan personil Polri seperti perumahan, tunjangan kerja, kenaikan pangkat.

Diduga Produksi Oli Palsu, Komunitas Aktivis Muda Indonesia Desak Mabes Polri untuk Segera Tangkap

"Kita juga lakukan sistem punish (hukuman) atau reward (penghargaan). Personil yang berprestasi tidak berapa lama diberikan penghargaan. Kalau melanggar maka dikenakan etik disiplin dan jika melakukan pidana maka ditindak. Tidak segan bila tak bisa dibina dipecat," ujarnya.

Kemudian, Polri juga sedang melakukan pembenahan yaitu penindakan terhadap anggota yang melakukan pungutan liar, bahkan telah berkoordinasi dengan tim sapu bersih pungutan liar. Tak sedikit juga anggota Polri yang terkena razia operasi tangkap tangan.

Operasi Keselamatan 2024 Rampung, Catat 372 Orang Tewas Karena Kecelakaan

"Jadi silahkan masyarakat kita buka ruang untuk melaporkan bisa sampai ada pungli kita akan tindak. Kita transparan tidak segan menindak," jelasnya. (ren)
 

Satgas Pangan Mabes Polri

Jelang Lebaran, Satgas Pangan Polri Waspadai Kelonjakan Harga Bahan Pokok di Babel

Tim Satgas Pangan Polri melakukan pengawasan terkait stabilisasi harga ketersediaan pangan selama Puasa Ramadan dan jelang Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/202

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024